Pemko Padang Bantu Korban Kebakaran Pitameh

0
194
Wakil Walikota Padang, Emzalmi memberikan bantuan korban kebakaran beberapa hari lalu di Pitameh

PADANG, KP – Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di jalan Raya Pitameh, Kelurahan Tanjuangsaba Pitameh Nan XX, Kecamatan Lubuak Bagaluang (Lubeg) Kota Padang.

Bantuan berupa bahan makanan, peralatan tidur, perlengkapan untuk anak-anak sekolah dan sebagainya itu, diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi didampingi Camat Lubuak Bagaluang, Hendra Mardhi di lokasi kejadian, Senin (22/8).

Wawako Emzalmi menyampaikan prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa 8 unit rumah yang dihuni 8 kepala keluarga (KK) terdiri dari 35 jiwa tersebut.

“Kami sangat prihatin atas musibah kebakaran ini. Semoga pemilik rumah beserta anggota keluarga, tabah menghadapinya dan mengambil hikmah di balik musibah yang menimpa. Mari kita berupaya memperbaiki rumah ini agar bisa ditempati kembali,” ucapnya.

Emzalmi mengimbau, kepada warga harus lebih waspada terutama terhadap penggunaan instalasi listrik arus pendek yang kerap menjadi penyebab kebakaran. Misalnya seperti pemakaian satu colokan malah digunakan sampai empat atau lima cabang untuk colokan lainnya. Sementara daya colokan tersebut tidak memadai.

Wakil Walikota Padang, Emzalmi memberikan bantuan korban kebakaran beberapa hari lalu di Pitameh
Wakil Walikota Padang, Emzalmi memberikan bantuan korban kebakaran beberapa hari lalu di Pitameh

“Hampir pada umumnya 60 persen penyebab kebakaran di Kota Padang disebabkan karena korsleting listrik. Oleh karena itu diharapkan, masyarakat harus berhati-hati dalam menggunakan sambungan listrik arus pendek. Karena ini akibatnya cukup fatal,” ujarnya.

Sebelumnya, kebakaran hebat terjadi pada jumat malam (19/8) sekitar pukul 19.30 WIB di depan SPBU Pitameh kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg) kota Padang.

Kejadian ini berawal dari sebuah warung penjual minyak ketengan di pinggir jalan Padang – Indarung tersebut. Sijago merah begitu cepat membesar dan menjalar ke rumah-rumah yang ada di sekitar tersebut. Kondisi pemukiman yang padat dan rapat membuat api leluasa meluas dan menghanguskan setidaknya Delapan rumah di lokasi itu.

Lima unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD kota Padang ditambah 1 unit dari Semen Padang diturunkan untuk memadamkan api. Walau petugas berupaya memadam api, namun delapan unit rumah tidak bisa diselamatkan dan ludes jadi abu. (*)

Penulis: Humas

Editor: Ahmad Kharisma

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY