28 Ribu Warga Padang Belum Lakukan Rekam Data KTP-El

0
116
Ilustrasi

PADANG, KP – Pemerintah pusat menetapkan batas akhir perekaman data untuk Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP el) bagi warga wajib KTP pada 30 September tahun ini. Sementara, di Kota Padang sendiri masih terdapat 28 ribu warga yang belum melakukan perekaman data.

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, Wedistar, mengatakan warga Padang yang belum melakukan perekaman data KTP el diimbau segera melakukan perekaman di kantor kecamatan masing-masing mengingat tenggat waktu perekaman yang akan segera berakhir.

“Saat ini masih ada 28 ribu warga Padang yang wajib memiliki KTP el belum melakukan perekaman data. Untuk itu, sebelum 30 September mendatang, seluruh masyarakat wajib KTP diharapkan sudah melakukan rekam data. Kita berupaya Padang mengoptimalkan peran mobil perekaman data untuk melakukan jemput bola ke kelurahan, kecamatan, sekolah, lembaga permasyarakatan, hingga panti sosial untuk melakukan perekaman data terhadap warga,” katanya, Selasa (23/8).

Dia mengakui belum ada sanksi resmi bagi yang tidak melakukan rekam data hingga 30 September mendatang. Namun, dipastikan warga yang tidak mengikuti imbauan itu akan kesulitan dalam berbagai pengurusan terkait administrasi kependudukan, surat nikah, atau membuka rekening baru di bank.

”Bagi masyarakat yang genap berusia 17 tahun pada 30 September nanti tetap bisa melakukan perekaman data KTP el namun tidak lagi di kecamatan, melainkan langsung ke Kantor Disdukcapil,” ujarnya. (Monica Febby)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY