Atasi Karhutla, Kapolri Instruksikan Semua Elemen Bersinergi

0
131

PADANG, KP – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menekankan setiap elemen di daerah yang berpotensi mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) untuk bersinergi menangani persoalan tersebut.

“Seluruh Kapolda agar melaporkan situasi serta kondisi di wilayahnya masing-masing soal karhutla, apa yang sudah dilakukan, termasuk kendala yang dihadapi,” kata Kapolri dalam teleconference yang dilaksanakan di Mapolda Sumbar, Kamis (25/8).

Dalam teleconference itu, Kapolri dan menteri yang hadir juga mempertanyakan upaya penanganan karhutla di wilayah masing-masing hingga saat ini. Termasuk mempertanyakan jumlah pelaku yang ditangkap, jumlah titik api, dan perbandingannya dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan Sumbar tidak masuk dalam kategori daerah kritis kasus karhutla tetapi diakuinya, di Sumbar terdapat 175 hotspot (titik panas/api) dan telah terjadi karhutla di 13 lokasi di Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten 50 Kota, dan Kabupaten Pasaman.

“Ini perlu menjadi perhatian bersama. Saya minta Bupati dan Walikota melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan. Jika terjadi kebakaran di satu daerah, maka daerah terdekat diharapkan ikut membantu,” kata Gubernur seraya menginstruksikan agar setiap daerah mengganggarkan dana untuk alat pemadam kebakaran yang dapat dibawa ke atas bukit. Sebab, mobil pemadam kebakaran tidak mampu mendaki bukit.

“Hotspot juga harus dikurangi. Target kita jumlah hotspot nihil di Sumatra Barat,” pungkasnya.
Dalam teleconference itu hadir Menko PMK Puan Maharani, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Andi Eka dari BMKG, Kepala BNPB, dan Dirjen Administrasi Kewilayah mewakili Mendagri, serta diikuti pemerintahan 34 provinsi di Indonesia. Khusus di Sumbar teleconference diikuti Gubernur Irwan Prayitno, Kapolda Brigjen Pol Basarudin, Bupati/Walikota, Kapolres/Kapolresta, serta SKPD di lingkungan Pemprov Sumbar. (bob)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY