Cuaca Ekstrim, Longsor Beberapa Titik di Kabupaten Solok

0
407
WAKIL Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, meninjau korban longsor di Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, kemarin. WANDY
WAKIL Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, meninjau korban longsor di Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, kemarin. WANDY

SOLOK, KP – Angin kencang disertai hujan lebat yang melanda Kabupaten Solok dalam dua hari terakhir menimbulkan beberapa titik longsor di Kabupaten Solok. Di antaranya di Bukit Subang, Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, yang terjadi Rabu sore (24/8). Akibat kejadian itu, sebanyak 8 KK yang terdiri dari 36 jiwa diungsikan ke tempat aman.

“Kita terkendala mengevakuasi warga karena hujan tidak berhenti-berhenti dari pagi hingga malam hari,” jelas Walinagari Batang Barus, Syamsul Azwar, Rabu, kepada Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, saat meninjau lokasi longsor itu.

Syamsul Azwar membenarkan penyebab longsor itu adalah cuaca ekstrim seperti hujan deras dan angin kencang yang tidak hentinya terjadi sejak beberapa hari terakhir. Dia bersama jajaran pemerintahan nagari terus memantau warganya yang terkena musibah.

“Mudah-mudahan angin kencang dan badai ini tidak menimbulkan kerusakan,” tambah Syamsul Azwar sembari menyebutkan longsor itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Sementara, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, meminta masyarakat terus mewaspadai ancaman longsor dan banjir yang bisa terjadi setiap saat, terutama warga yang tinggal di wilayah perbukitan dan di pinggir sungai.

“Teruslah waspada. Sebab, saat ini cuaca buruk sedang menimpa daerah kita,” tutur Wabup.

Selain meminta masyarakat tetap waspada, dia juga berharap masysarakat saling berkomunikasi dan bertukar pikiran satu sama lain.

“Teruslah jaga kekompakan dan saling tolong-menolong ketika terjadi musibah. Pemerintah juga akan akan mendata rumah warga yang rusak,” terang Wabup Yulfadri Nurdin.

Sejak Selasa sore hingga Kamis siang (25/6), ribuan masyarakat Kabupaten Solok yang tinggal di Kecamatan Gunung Talang, Kubung, Lembang Jaya dan Kecamatan Danau Kembar, mengalami trauma yang mendalam karena angin topan dan hujan yang masih melanda bumi Bareh Solok.

“Tidak seperti biasanya, dalam beberapa hari ini angin kencang dan hujan deras melanda,” tanya Zendi (25), warga Ambacang, Balai Oli, Jawi-Jawi Guguk, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.(wandy)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY