Gonjong Balaikota Bukittinggi akan Diganti dengan Baja

0
148

BUKITTINGGI, KP – Gonjong Kantor Balaikota Bukittinggi yang rusak diterjang angin kencang, Kamis (26/8), ternyata merupakan kejadian yang kedua. Beberapa tahun lalu, gonjong yang sama juga pernah roboh diterjang angin kencang.

Untuk itu, Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) secepatnya merehab gonjong yang roboh itu dengan konstruksi baja sekaligus melakukan peneltian terhadap gonjong-gonjong lainnya. Sebab, ada indikasi gonjong lainnya itu sudah melapuk.

Plh.Kepala DPU Kota Bukittinggi, Dedi Syafrizal, membenarkan adanya arahan Walikota untuk memperbaiki secepatnya gonjong Balaikota yang rusak diterjang angin kencang itu dengan konstruksi baja.

“Konstruksi baja jelas lebih kuat daripada kayu. Apalagi, Balaikota berada di puncak Bukit Gulai Bancah sehingga tiupan anginnya kuat. Oleh karena itu, dibutuhkan konstruksi gonjong yang kuat,” kata Dedi Syafrizal, Jumat (26/8).

Sementara, Kabid Cipta Karya Dinas PU Bukittinggi, Rahmat AE, menambahkan, untuk memperbaiki gonjong Balaikota yang diterjang angin kencang itu membutuhan anggaran sekitar Rp130 juta. Dana itu diambilkan dari anggaran Pemeliharaan Rutin Bagian Umum dan Perlengkapan Setko Bukittingi tahun 2016. “Pekerjaannya segera dimulai oleh rekanan yang ahli dengan pembuatan gonjong,” ujarnya.

Kemudian, ulasnya, gonjong lainnya juga akan diteliti. Gonjong yang telah lapuk dan membahayakan diganti dengan gonjong konstruksi baja pada tahun depan.

Sedangkan musala Taman Panorama Lubang Jepang yang ditimpa pohon, Kabid Museum dan Peninggalan Sejarah Dinas kebudayaan dan Pariwisata Bukittinggi, Ridwan, menjelaskan, perbaikannya dilakukan akhir tahun ini menggunakan dana APBD Perubahan 2016 sebesar Rp100 juta lebih. Musala itu direhab dengan memakai atap Aluminium Composit Panel (ACP).

“Menjelang perbaikan, kita akan menutupnya dengan terpal sehingga pengunjung Taman Panorama Lubang Jepang masih bisa beribadah di sana,” ujar Ridwan. (Edison Sikumbang)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY