2017, Padang International Karate-Do bakal Digelar

0
2301
Ketua Forki Sumbar, Hendra Irwan Rahim didampingi Ketua Umum Inkado Sumbar, Wahyu Irama Putra berfoto bersama dengan wasit dan juri Kejurda Inkado tingkat Sumbar, di GOR Kampus III Bung Hatta, Padang, Sabtu (27/8). (Foto Afrinaldi)
Ketua Forki Sumbar, Hendra Irwan Rahim didampingi Ketua Umum Inkado Sumbar, Wahyu Irama Putra berfoto bersama dengan wasit dan juri Kejurda Inkado tingkat Sumbar, di GOR Kampus III Bung Hatta, Padang, Sabtu (27/8). (Foto Afrinaldi)
Ketua FORKI Sumbar, Hendra Irwan Rahim didampingi Ketua Umum Inkado Sumbar, Wahyu Irama Putra berfoto bersama dengan wasit dan juri Kejurda Inkado tingkat Sumbar, di GOR Kampus III Bung Hatta, Padang, Sabtu (27/8). (Foto Afrinaldi)

PADANG, KP – Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) mengapresiasi Indonesia Karate-do (Inkado) Sumatra Barat atas digelarnya Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karateka tingkat Sumbar.

“Kejuaraan ini sangat bermanfaat untuk mencari bibit-bibit karateka pemula dan sebagai penambah jam terbang bagi karateka lainnya. Untuk itu, kita sangat mendukung agenda ini,” kata Ketua FORKI Sumbar, Hendra Irwan Rahim kepada wartawan usai membuka Kejurda Inkado di GOR Kampus III Bung Hatta, Padang, Sabtu (27/8).

Menurutnya, tidak akan lahir atlet-atlet kalau tidak adanya suatu kejuaraan. “Atlet itu tidak akan muncul kepermukaan jika hanya mengandalkan latihan saja,” jelas Hendra.

Lebih lanjut ia mengatakan, pertandingan ini bukan saja untuk mencari yang terbaik, namun untuk mengontrol emosi para atlet, karena kebanyakan dari karateka mengikuti kejuaraan ini merupakan karateka-karateka muda.

“Kita berharap kedepannya Inkado Sumbar juga bisa mengelar kejuaraan-kejuaraan karate di level lebih tinggi dari ini, baik di tingkat nasional dan internasional,” harap Hendra yang juga Ketua DPRD Sumbar itu.

Sementara itu Ketua Umum Inkado Sumbar, Wahyu Irama Putra menyambut baik usulan dari Ketua FORKI Sumbar untuk mengelar kejuaraan ditingkat lebih tinggi.

“Insyaallah, tahun depan kita akan melaksanakan kejuaraan karate tingkat internasional di Kota Padang. Sedikitnya, 20 negara sudah dapat dipastikan akan ikut serta jika kegiatan kita tersebut dapat terlaksana. Maka dari itu, kita berharap Pemprov dan Pemko dapat memberikan dukungan penuh kepada kita,” haranya.

Sama halnya dengan kejuaraan tingkat daerah dan nasional. Katanya, kejuaraan tingkat internasional ini juga bertujuan untuk menggali prestasi terpendam para karateka ranah minang, namun dengan level internasional. Sedangkan, rencana terciptanya kejuaraan internasional ini, dilandaskan atas kesuksesan Kejurda Inkado Sumbar setiap tahunnya.

“Ditingkat nasional, Inkado Sumbar sudah berada pada peringkat terbaik ketiga. Salah satu penyebabnya karena lancarnya penyelenggaraan Kejurda Inkado kita setiap tahunnya. Karena itu, kenapa kita tidak sekalian mencoba membuat event internasional,” jelas Wahyu.

Jika Padang International Karate-do ini nantinya dapat diselenggarakan, tentunya kita berharap akan lahir karateka dengan level dunia yang dapat mengharumkan nama Sumbar. (Afrinaldi)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY