Warga Kaget KTP-nya ‘Dipakai’ Balon Independen

0
174

PAYAKUMBUH, KP – Dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang diajukan pasangan bakal calon walikota dari jalur independen pada Pilkada Kota Payakumbuh 2017 menyisakan cerita unik bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh. Hal itu terungkap ketika dilakukan verifikasi faktual kerumah warga.

“Saya tidak memberikan KTP saya pada siapapun. Kok tiba-tiba sudah ada disitu? KTP saya juga tidak hilang,” begitu celoteh beberapa warga Kelurahan Tiaka, Kecamatan Payakumbuh Timur, kepada petugas yang melakukan verifikasi, kemarin.

Bahkan, masyarakat mempertanyakan KTP-nya menjadi dukungan untuk salah satu Bakal Calon perseoranganpadahal dia tidak pernah menyerahkan KTP kepada siapapun dan tidak pula pernah ada orang yang datang kerumahnya meminta KTPsebagai syarat dukungan.

Akibatnya, warga yang merasa KTP-nya tiba-tiba sudah menjadi syarat dukungan Balon Perseorangan memilih menandatangani kertas tidak mendukungBalon Walikota dan Wakil Walikota sesuai data yang ada di KPU.

Komisioner KPU Provinsi Sumatra Barat, Nova Indra, didampingi Komisioner KPU Kota Payakumbuh M. Khadafi, menyebut KPU terus melakukan tahapan Pilkada serentak jilid II di Kota Payakumbuh.

“Pengawasan kita melekat, terutama saat melakukan verifikasi faktual ini. Jadi memang setiap rumah kita datangi dan bertemu langsung dengan orangnya sehingga bisa dipastikan apakah dia mendukung atau tidak,” jelasnya.

Disampaikan Nova Indra, untuk Sumbar, pada pilkada serentak Jilid II hanya diikuti dua daerah, yaitu Kota Payakumbuh dan Kabupaten Kepualauan Mentawai. Namun, untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai, disampaikan Nova, tidak ada bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan. Sementara di Kota Payakumbuh ada dua pasang Balon independen.

Hal senada juga disampaikan Komisioner KPU Kota Payakumbuh, M. Khadafi, yang menyebut bahwa masyarakat yang sudah masuk dalam data yang diserahkan oleh dua Balon dari Jalur Perseorangan itu bakal dilakukan ferifikasi vaktual selama 14 hari ke depan. (Doddy Sastra)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY