Berusia 145 Tahun, Manusia Tertua di Dunia ‘Ingin’ Meninggal

0
372

Pria tertua di dunia bisa jadi ada di Indonesia. Ia adalah Mbah Gotho yang lahir tahun 1870. Kini, kakek asal, Sragen Jawa Tengah itu sudah menginjak usia 145 tahun.

Mbah Gotho mengaku sudah siap-siap meninggal pada 1992. Ia bahkan telah menyiapkan batu nisan saat itu. Namun 24 tahun kemudian, ia masih hidup. Meski cukup mengesankan, Mbah Gotho mengaku tidak nyaman.

“Saya cuma ingin meninggal,” kata dia. “Saya sudah mengalami asam dan manisnya hidup sehingga tidak mempermasalahkan jika dipanggil oleh sang Ilahi,” tuturnya lirih.

Dia sudah ditinggal mati oleh 10 saudara kandung, empat istri, dan anaknya. Saat ini dia tinggal bersama cucu-cucu dan para canggahnya.

Kondisi Mbah Gotho saat ini sudah cukup menyu- litkan. Sejak tiga bulan terakhir, dia tidak bisa beraktivitas. Dia harus dimandikan dan disuapi. Sehari-hari dia ha- nya bisa mendengarkan radio karena matanya sudah sulit menonton televisi.

Ketika ditanya resep umum panjang, dia hanya menyebut sabar. “Resepnya cuma sabar,” kata Mbah Gotho.

Di dalam dokumen yang dimilikinya, tertulis tanggal kelahiran 31 Desember 1870. Jika terverifikasi, ia akan mencatat rekor sebagai manusia tertua di dunia.

Namun jika tidak bisa dikonfirmasi, maka rekor manusia tertua tetap dipegang nenek asal Prancis, Jeanne Calment. Dia berusia 122 tahun, 22 tahun lebih muda dari Mbah Gotho.

Mendadak Tenar

Setelah menjadi sorotan di media sosial, Mbah Gotho mendadak menjadi tenar dan ba- nyak dijumpai orang yang datang ke rumahya.

Bahkan media asing ikut berdatangan ke rumahnya. Media asing yang menyorotinya adalah Dailymail dan Independent dari Inggris, hingga Russia Today. Sebab, jika benar usianya sudah 145 tahun, maka Mbah Gotho akan dianugerahi sebagai orang tertua yang ada di dunia.

Situs Independent.co.uk menulis judul beritanya ‘Orang tertua di dunia yang berumur 145 tahun ditemukan di Indonesia.” Berita itu mendapatkan sebanyak 100 komentar dan sudah dibagikan sebanyak 37 ribu kali.

Situs lain seperti Dailymail.co.uk juga menuliskan berita serupa. Dalam lamannya mereka menuliskan bahwa Mbah Gotho sudah mempersiapkan makam di dekat pusara para cucunya.

Berita Mbah Gotho di laman ini sudah diba- gikan lebih dari 5 ribu kali dan mendapatkan 415 komentar.

Situs mirror.co.uk bahkan sudah mengang- kat kisah Mbah Gotho 3 hari yang lalu. Berita ini sudah di-share sebanyak lebih dari 8 ribu kali. Tak hanya situs dari Inggris, laman online dari Australia, 9news.com.au juga membuat berita Mbah Gotho jadi makin viral

Namun, beberapa orang tampak tak percaya dengan umur Mbah Gotho. Mereka pun tak segan memberikan tanggapan pedas mengenai berita itu dan menyangsikan usia Mbah Gotho.

Terlepas benar atau tidaknya Mbah Gotho adalah manusia tertua sedunia, kakek itu telah menginspirasi banyak orang dari kisah hidupnya yang penuh kesabaran menjalani hidup mencapai ratusan tahun. (*)

Sumber: Tribunnews.com

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY