640 Hektar Sawah Baru Dicetak di 8 Kabupaten

0
137

PADANG,KP – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumatra Barat tahun ini menargetkan cetak sawah baru seluas 640 hektar.

Hal itu sebagai upaya peningkatan ketahanan pangan daerah sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumbar, Ir. Chandra.

“Cetak 640 hektar sawah baru telah berjalan di delapan kabupaten,”ujarnya, kemarin.

Dia menyebut 8 kabupaten tersebut adalah Dharmasraya, Solok Selatan, Sijunjung, Pasaman, Pesisir Selatan, Agam, 50 Kota, dan Padangpariaman.

Agar dapat mencapai target 640 hektar sawah baru, diperlukan kerjasama yang baik dari semua pihak,mulai dari pusat hingga ke daerah, dibantu personel TNI yang sengaja dilibatkan untuk mendukung program tersebut.

“Untuk pencetakan sawah seluas itu kami menggandeng korps zeni TNI AD. Pelaksanaan program tersebut menggunakan mekanisme swakelola dan masa perkiraan panen,” terangnya.

Dia menambahkan, dengan adanya program cetak sawah baru itu diharapkan produktivitas padi di Sumbar dapat meningkat dan memberi kontribusi pada ketersediaan cadangan beras nasional. Dengan demikian, target swasembada beras secara nasional bisa terpenuhi.

Di sisi lain, dia menyebutkan pembuatan sawah baru itu sesuai amanat UU No.41/2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan yang akan disusul dengan rencana pembuatan perda terkait. Sehingga, perda itu akan melindungi lahan pertanian dari ancaman pembangunan rumah dan gedung.

“Jika nanti ada perumahan dan gedung pemerintah di lahan sawah yang produktif, maka pihak terkait harus membuat lagi sawah baru,” pungkasnya.(Bobby Febrianda)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY