Pengamat: Kinerja Anggota DPRD Sumbar Rendah

0
199

PADANG, KP – Hingga akhir Agustus, DPRD Sumbar baru mengesahkan 8 Ranperda menjadi Perda di tahun 2016 ini. Padahal, target Ranperda yang akan dibahas di tahun 2016 ini mencapai 19 Ranperda.

“DPRD tetap optimis kalau target ini bisa dicapai. Kita tetap bekerja. Namun tak bisa tergesa-gesa dan asal-asalan. Ini berkaitan dengan masyarakat banyak,” kata Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim saat paripurna penutupan masa sidang II dan pembukaan masa sidang III tahun 2016, Rabu (31/8).

Dalam masa sidang II, yakni bulan Mai-Agustus, Ranperda yang telah disahkan sebanyak 7 Ranperda. Dia menyebutkan, kalau pembahasan Ranperda ini memakan waktu karena dilakukan sejumlah kunjungan kerja terutama ke masyarakat.

Hendra menyebutkan, dari 9 Ranperda yang dibahas di masa sidang II ini, 6 Ranperda merupakan lanjutan dari pembahasan Ranperda pada masa sidang sebelumnya. Namun, yang bisa dirampungkan pada masa sidang II ini 7 Perda.

Lalu, dimasa sidang II ini ada dua Ranperda yang masih dalam pembahasan dan dilanjutkan pada masa sidang III.

Terpisah Pengamat Politik, M.Taufik menyebutkan, penyelesaian Ranperda bisa menjadi indikator kinerja kedewanan. Jika melihat hanya 8 Ranperda yang ditetapkan hingga akhir Agustus, tentu kinerja anggota DPRD Sumbar rendah.

Dia meyakini, ini menjadi penilaian bagi masyarakat terutama pada konsituen anggota dewan tersebut. Apalagi, Ranperda ini lebih banyak berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Bisa dianggap anggota dewan ini tak berpihak pada masyarakat.

Taufik melihat dampaknya tentu jangka panjang. Namun, yang jelas apa yang telah ditargetkan hendaknya bisa diselesaikan. (Fahmi Yuhendra)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY