SOTK Baru Dharmasraya Lebih ‘Gendut’

0
709

 

PULAUPUNJUNG, KP – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, telah mengajukan postur perangkat daerah ke DPRD,awal pekan ini.

Dibanding SOTK sebelunnya, postur perangkat daerah yang diajukan bupati termuda di Indonesia itu lebih ‘gendut’. Meski ada penghapusan sejumlah instansi, namun lebih banyak dinas baru yang akan dibentuk.

“Postur perangkat daerah ini disusun berdasarkan besaran urusan yang diserahkan dari pemerintah pusat kepada kita. Ini dasar utama penyusunan perangkat daerah yang baru,” kata Bupati pada rapat paripurna DPRD beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) sebelumnya juga didasarkan pada beban kerja urusan yang diserahkan ke kabupaten. Namun, sesuai Undang-undang Otonomi Daerah dan turunannya yang telah mengalami perubahan, maka pada tahun 2017 setiap kabupaten wajib memberlakukan perangkat daerah yang baru yang disesuaikan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sebelumnya Pemkan Dharmasraya memiliki 10 dinas daerah, 5 badan,3 kantor, dan 3 lembaga teknis daerah, yaitu sekretariat daerah, sekretariat DPRD, dan inspektorat. Ditambah dengan SKPD kecamatan, maka jumlah SKPD ada 32 unit.

Dengan susunan perangkat daerah baru yang diajukan Bupati, totalSKPD termasuk kecamatan menjadi 36 unit.Membengkaknya postur perangkat daerah itu disebabkan adanya pemekaran dinas antara lain Dinas PU yang dimekarkan jadi dua SKPD, Dishubkominfoparbud dimekarkan jadi tiga SKPD, dan Dinsosnaker juga dimekarkan.

“Pembengkakan perangkat daerah kali ini terjadi akibat banyaknya penambahan dinas,”tutur bupati.(Nofri Guntala)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY