DPRD Desak Pemko Angkat Kepala Definitif Satpol PP

0
277
Personil Satpol PP. ist

PADANG, KP – DPRD Padang meminta Pemko Padang agar segera menunjuk Kepala definitif Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang. Sebab, sudah berapa bulan berjalan, hingga saat ini masih dijabat pelaksana tugas (plt).

“Jika sudah ada kepala definitif, maka kinerja Satpol PP tentu dapat dimaksimalkan, baik dalam penegakan peraturan daerah, pemberantasan maksiat, menjaga ketertiban umum, serta hal-hal lainnya,” kata anggota Komisi I DPRD Padang, Faisal Nasir, Minggu (16/10).

Menurutnya, memang tidak ada aturan terkait jangka waktu Plt menjabat sebelum ditunjuk pejabat definitif suatu instansi. Namun, imbuhnya, penyegeraan dibutuhkan untuk memberikan kepastian serta memaksimalkan kinerja di lapangan.

“Apalagi hingga saat ini sudah sekitar tiga bulan terjadi kekosongan jabatan kepala definitif Satpol PP yang hanya dijabat plt selama jangka waktu tersebut,” ujarnya.

Dia mengakui bahwa belum adanya kepala definitif memang karena belum ada kepastian terkait Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) beberapa waktu lalu karena ada wacana penggabungan Satpol PP dengan Pemadam Kebakaran yang berlaku mulai tahun 2017.

“Menyikapi hal tersebut, DPRD sudah melakukan paripurna untuk menyetujui peraturan daerah terkait SOPD tersebut Jumat malam (14/10) dan diputuskan tidak ada penggabungan Satpol PP dengan instansi manapun. Artinya, Satpol PP tetap berdiri sendiri. Jadi, segerakan penunjukan kepala definitifnya,” kata Faisal Nazir.

Sebelumnya, Walikota Padang, H. Mahyeldi, menunjuk Edi Asri pada 19 Juli 2016 untuk menjabat sebagai Plt. Kepala Satpol PP menggantikan pejabat lama Firdaus Ilyas yang tersandung masalah hukum. (Monica)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY