Jalan Penghubung Tiumang – Padanglaweh Rusak Parah

0
194
KONDISI Jalan penghubung dua kecamatan di Kabupaten Dharmasraya, yakni Kecamatan Tiumang dan Padanglaweh, rusak parah. Masyarakat mendesak Pemkab Dharmasraya segera memperbaikinya. NOFRI GUNTALA

PULAUPUNJUNG, KP – Masyarakat di dua Kecamatan di Kabupaten Dharmasraya mendesak pemkab segera memperbaiki jalan penghubung antar Kecamatan Tiumang dan Kecamatan Padanglaweh yang kondisinya saat ini rusak parah. Padahal, jalan utama kabupaten itu telah diusulkan perbaikannya untuk dimasukkan dalam anggaran 2016.

Ketua LSM Aliansi Anak Nagari Tiumang Lamo (Antimo), H. Abdul Rahman, saat dijumpai KORAN PADANG, Selasa (25/10), mengatakan jalan itu bahkan sulit dilewati kendaraan roda dua apalagi roda empat.

“Kondisi ini sudah terjadi sejak dua bulan belakangan. Jika dibiarkan, akan berdampak pada aktivitas masyarakat. Untuk itu, kami minta pemkab segera memperbaiki,” katanya.

Dia memaparkan, kerusakan jalan itu disebabkan tingginya arus kendaraan yang melintas di jalan tersebut. Apalagi sejak jembatan Baturijal rampung, jalan kabupaten itu dimanfaatkan warga di dua kecamatan itu sebagai akses tercepat.

“Sejak pembangunan jembatan Batu Rijal selesai, mobilisasi masyarakat cendrung melewati jalan ini. Apalagi truk pengangkut Tandan Buah Segar (TBS) yang tonasenya rata-rata di atas 10 ton. Truk ini juga membuat jalan cepat rusak,” katanya.

Dia mengatakan, selain jalan antar kecamatan, jalan itu juga merupakan akses penghubung antar provinsi Sumbar dan Riau.

“Jalan ini bukan hanya jalan kecamatan namun akses dua provinsi Sunabar dan Riau. Tepatnya Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Kuantan Singigih. Tidak salah kalau jalan ini merupakan urat nadi perekonomian kita,” sebutnya.

Rahman berharap pemerintah daerah melalui dinas terkait, yakni Dinas Pekerjaan Unum untuk segera memperbaiki jalan itu.

Namun masyarakat sepertinya mesti bersabar. Sebab, Kepala Dinas PU Dharmasraya, Juneidi Yunus, melalui Kepala Bidang Bina Marga, Kabupaten Dharmasraya, Roni Puska, mengatakan tahun ini tidak ada perencanaan untuk perbaikan jalan penghubung Tiumang – Padanglaweh itu.

“Untuk jalan itu kita belum ada merencanakannya sehingga anggarannya tidak tersedia,” katanya singkat. (Nofri)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY