12 WNA Diperiksa, Hotel Berbintang tak Luput Dari Razia

0
1137

PADANG,  KP – Kantor Imigrasi Kelas I Padang bersama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sumbar, melakukan operasi pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang berada di Kota Padang. Operasi pada Kamis (27/10) malam tersebut menyisir tempat-tempat seperti restouran, hiburan malam, bahkan hingga hotel berbintang lima dan memeriksa sebanyak 12 WNA.

Kepala Kemenkumham Sumbar, Ansaruddin mengatakan, dalam razia itu petugas menyisir diantaranya Hotel Mercure, Hotel Deivan, Hotel Hang Tuah, Cafe Bat and Arrow serta Teebox karaoke. Sedangkan untuk 12 WNA yang diperiksa tidak ditemui yang melampaui batas masa tinggal (overstay) serta penyalahan izin tinggal.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan serentak penegakan hukum keimigrasian berupa pengawasan orang asing oleh Kantor Imgrasi di seluruh Indonesia yang dicanangkan oleh Menteri Hukum dan Ham, Yasonna Laoli. Untuk operasi ini tidak ditemukan WNA yang tidak memiliki izin,” jelasnya.

Ansaruddin menegaskan, kegiatan tersebut akan terus dilakukan untuk mengantisipasi, mencegah serta mendeteksi dini terhadpa pelanggaran yang dilakukan WNA di Sumbar. “12 WNA yang kita periksa berasal dari negara Australia, Brazil, Srilanka, Denmark, Republik Ceko, Jerman, Filipina, dan India,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Padang Kelas I, Esti Wahyuningsih mengungkapkan, WNA yang didata tersebut sebagian besar merupakan wisatawan. Selain itu, WNA tersebut juga tamu dari perusaahan maupun pekerja asing.

“Pengawasan itu bertujuan untuk pengecekan lapangan, pemeriksaan administratif, wawancara dan pemeriksaan dokumen keimigeasian berupa paspor maupun izin tinggal. Kita ingin lakukan pengecekan apakah ada terjadi pelanggaran keimigrasian atau tidak,” ucap Esti Wahyuningsih. (Irwanda) 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY