Air Terjun Sarasah Kuau dan Rumah Pohon, Objek Wisata dengan Sensasi Alami

0
40759
Rumah pohon

SALAH satu objek wisata baru di Sumbar adalah Air Terjun Sarasah Kuau yang sering disebut dengan Air Terjun Sarasah. Objek wisata alam ini berada di kawasan Bukit Barisan, di Kabupaten Padangpariaman, tepatnya di Desa Kuliek, Kenagarian Sungaibuluh.

Air terjun sarsah kuau
Air terjun sarsah kuau

Asal nama sarasah adalah karena air terjun ini mengalir di bebatuan sedangkan nama kuau karena di area sekitar air terjun terdapat gelanggang kuau. Dulu nama Air Terjun ini adalah Sarasah Indah, tapi telah diubah menjadi Sarasah Kuau dalam rapat LPHN bngai Buluh.

Jarak tempuh dari pos parkir di gedung pertemuan LPHN ke air terjun ini lebih kurang 3 kilometer dengan waktu tempuh sekira 1 jam. Medan yang dilalui tidak terlalu sulit karena sudah ada jalan setapak yang dibuat warga. Sepanjang perjalanan, pengunjung disuguhi pemandangan alam Sungaibuluh.

 

Panorama yang indah dipandang mata
Panorama yang indah dipandang mata

Tak jauh dari air terjun ini terdapat objek wisata lain yang tak kalah indah, yaitu rumah pohon yang baru berdiri tanggal 5 Agustus 2016 lalu. Dari rumah pohon ini pengunjung bisa melihat hamparan Padangpariaman dan juga menyaksikan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dari kejauhan. Dapat juga disaksikan pemandangan laut nan indah sembari merasakan kesejukan udara di alam yang masih terjaga kelestariannya.

Homestay
Homestay

Menginap di Dalam Hutan

Sarasah dikelilingi oleh pebukitan. Pada bagian timur terdapat rumah kayu yang dapat digunakan wisatawan untuk menginap. Sensasi menginap di dalam hutan tentu sangat berbeda dengan menginap di hotel. Apalagi suasana hutan yang jauh dari kebisingan, ditemani suara burung dan gemericik suara air terjun. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin santai dan rehat sejenak menyegarkan diri setelah berjibaku dengan kesibukan kerja seharian. Lokasi rumah kayu sangat strategis. Dari halaman rumah kita dapat melihat laut, burung-burung yang beterbangan, dan tentu saja melihat Air Terjun Sarasah Kuau. (*)

Laporan dan Foto: Rivaldi- Pracetak Harian Umum Koran Padang

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY