Guru SDN 22 Andalas Beli Sampah Rp1000 ke Murid

0
183
Sejumlah guru SDN 22 Andalas tengah membeli sampah seharga Rp1000 kepada murid di sekolah tersebut, Rabu (2/11). FOTO NOFRIZAL.

PADANG, KP – Guru-guru di SDN 22 Andalas Kecamatan Padang Timur membeli satu kantong plastik sampah seharga Rp 1000 dari para siswa di sekolah tersebut. Terobosan baru itu dilakukan, untuk memotivasi serta meningkatkan kepedulian para anak didik dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Koordinator Kebersihan lingkungan SDN 22 Andalas, Arneti Sawir Kepada KORAN PADANG, di sekolah tersebut, kemarin mengatakan, kegiatan ini sudah berjalan selama satu minggu di lingkungan sekolah.

Lanjutnya, disistem yang digunakan yakni, setiap murid ditugaskan memilih sampah baik sampah plastik, kertas maupun sampah lain yang tercecer di lingkungan sekolah. Lalu, setiap sampah yang dipilih dan dimasukan ke kantong plastik. Setelah penuh, maka diserahkan kepada guru, yang akan membeli satu kantong plastik seharga Rp1000.

“Kendati demikian, pihak sekolah tak membenarkan perilaku murid yang membuang sampah disembarang tempat, namun buanglah di tempat sampah yang telah disediakan pihak sekolah,” jelasnya.

Tak hanya itu, Arneti Sawir menyebutkan, pemilihan sampah ini tidak menganggu aktivitas proses belajar mengajar (PBM) murid. Sebab, pemugutanitu tersebut dilakukan di waktu jam istirahat dan waktu pagi sebelum masuk lokal.

Disaming itu, uang seribu yang diperoleh murid tersebut juga dimasukan kedalam kas sekolah, yang dipergunakan untuk kebutuhan lain yang menyangkut kegiatan sekolah nantinya..

Di tempat yang sama Wakil Kepala Sekolah SDN 22 Andalas, Yuslina menambahkan, kegiatan ini adalah bagian dari program sekolah dalam merintis Adiwiyata lewat membersihkan lingkungan pekarangan sekolah.

“Maka dari itu, melalui kegiatan tersebut kita membina para murid-murid agar dapat mencintai lingkungan, dan membiasakan diri mereka untuk membuang sampah pada tempatnya,” tambahnya. (zal)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY