Kapolda: “Bukan 1000, Tapi 252 Orang” Dari Sumbar Berangkat Tujuh Bus

0
275
Kapolda Sumbar Brigjen Pol Basarudin

PADANG, KP – Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Basarudin, membantah ada sekitar 1.020 masyarakat Sumatra Barat yang berangkat ke Jakarta untuk bergabung dalam aksi demonstrasi membela Islam, Jumat besok (4/11).

“Masyarakat Sumbar yang berangkat hanya sekitar 252 orang mengunakan 7 bus, yaitu 3 bus dari Bukittingi, 2 bus dari Payakumbuh dan 2 bus dari Padang. Saya ikut mengantar. Jadi, tidak benar ada sekitar 1.020 orang yang berangkat,” ujar Kapolda, usai apel kebangsaan dan kesiapan kontijensi wilayah Sumatra Barat, di lapangan RTH Imam Bonjol, Rabu (2/11).

Dia menambahkan, masyarakat yang berangkat ke Jakarta sekitar pukul 20.00, Selasa malam (1/11), atas nama pribadi untuk ikut nberpartisipasi dalam demo tersebut.

Kapolda menyampaikan bahwa tidak ada larangan untuk menyampaikan aspirasi dan berpendapat karena dilindungi undang-undang. Namun, dia mewanti-wanti agar masyarakat tidak terprovokasi dan tidak terpancing untuk berbuat anarkis.

“Pertimbangkan dulu sebelum berbuat,” tukasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, di Sumbar belum ada indikasi akan digelar demo serupa pada 4 November karena masyarakat saat ini berkosentrasi dulu ke Jakarta.

“Kita akan terus melakukan pantauan apakah nanti akan ada keberangkatan susulan masyarakat yang ikut berdemo ke Jakarta, ” katanya.

Menurutnya, Polda Sumbar mengerahkan sekitar satu kompi Brimob untuk di BKO-kan dalam pengamanan demonstrasi di Jakarta itu.

Untuk diketahui, aksi 4 November besok menuntut pengusutan secara tuntas terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dianggap telah menistakan agama Islam karena membawa-bawa Surat Al Maidah saat berpidato di Kepulauan Seribu.

Bak peribahasa mulutmu harimaumu, ucapan Ahok itu akhirnya berbuntut panjang dan menjadi polemik. Kecaman pada Ahok berdatangan dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk ulama dan tokoh nasional. Bahkan, sejumlah daerah ikut menyuarakan protesnya dan meminta Ahok diproses secara hukum. (bob)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY