Menuju Sekolah Adiwiyata, Perencanaan dan Pembenahan Matang Jadi Kunci Capai Target

0
200
Sejumlah murid-murid SDN 48 Kuranji dengan tangan mungilnya tengah sibuk membersihkan pekarangan sekolah di Green House sekolah tersebut, Rabu (2/10). Foto SEPTIADI NEFRI

PADANG, KP – Menjadi sekolah Adiwiyata merupakan salah satu target bagi setiap SD hingga SMA/sederajat khususnya di Kota Padang.

Tak terkecuali bagi SDN 48 Kuranji Padang. Kepala Sekolah SDN 48 Kuranji, Hidayati kepada KORAN PADANG di sekolahnya,  Rabu (2/10) mengaku, saat ini telah melakukan berbagai pembenahan untuk mewujudkan target tersebut. “Sedangkan untuk saat ini akan segera dibentuk susunan pengurusan panitia Adiwiyata SDN 48 Kuranji,” katanya.

Disamping itu, semenjak ia menjadi kepsek di sekolah tersebut sejak 25 Januari lalu, Hidayati melihat bahwa sekolah ini pantas untuk menjadi sekolah adiwiyata, dan pantas mendapat predikat dalam program bidang kebersihan yang cukup bergengsi tersebut.

“Kondisi sekolah saat ini untuk menjadi salah satu sekolah Adiwiyata di Kota Padang tidaklah rumit. Karena, kami telah melakukan persiapan jauh – jauh hari. Lalu, penghijauan dan fasilitas yang lain sudah cukup menunjang, dan hanya perlu sedikit sentuhan yang merata agar lebih maksimal,” jelasnya.

Kemudian, dari kebersihan gedung, ruang kelas siswa, ruang guru, dan penghijauan di lingkungan sekolah sudah cukup baik. “Kita hanya perlu memaksimalkannya saja,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk menjadi sekolah Adiwiyata haruslah bertahap, sebab persiapannya tidak bisa langsung jadi.

“Untuk itu saya mengajak segala struktur yang ada di sekolah agar ikut berupaya dalam mewujudkannya, memiliki perencanaan dan pembenahan yang matang itu juga menjadi salah satu kunci untuk meraih apa yang menjadi target tersebut,” ujarnya.

Disisi lain, SDN 48 Kuranji juga memiliki berbagai prestasi yang cukup mengesankan. Hal itu membuat sekolah ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata, apabila berbicara prestasi sekolah ini.

Prestasi – prestasi yang telah diraih di sekolah ini diantaranya, peringkat II hasil Ujian Nasional (UN) 2015/2016 dari 59 sekolah. Peringkat I di wilayah IV (14 sekolah) nilai UN 2015/2016.

Tak hanya itu, sekolah ini juga berhasil meraih juara I lomba tari tingkat kecamatan, juara I lomba badminton tingkat kecamatan, juara II lomba badminton tingkat kota, juara I lomba karate tingkat kecamatan, dan 10 besar bintang sains tingkat kecamatan lanjut tingkat kota. (Tedy)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY