Pemko Ajak Pengusaha Dorong Pertumbuhan Wirausahawan Baru

0
125
Walikota Padang, H. Mahyeldi didampingi pejabat terkait memperlihatkan produk salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rencana aksi penumbuhan wirausahawan baru yang digelar Bappeda Kota Padang, di Hotel Kyriad Bumiminang, Kamis (3/11). Renanda Putra

PADANG, KP – Walikota Padang, H. Mahyeldi menegaskan, upaya penumbuhan 10 ribu wirausahawan baru di Kota Padang tak bisa dilakukan hanya dengan berpendapat. Namun, harus ada langkah nyata dan dukungan dari berbagai pihak.

“Penumbuhan 10 ribu wirausahawan baru yang tertuang dalam 10 program unggulan (Progul) Walikota dan Wakil Walikota selama masa jabatan 2014-2019 menjadi hal yang sangat penting. Karena, dapat menyelamatkan warga khususnya para pencari kerja (Pencaker) dari pengangguran,” jelas Walikota dalam rencana aksi penumbuhan wirausaha baru yang digelar Bappeda Kota Padang di Hotel Kyriad Bumiminang, Kamis (3/11).

Dijelaskannya, program tersebut selama ini sudah berjalan, namun kini lebih dimaksimalkan, agar lebih terpola dan terstruktur. Maka dari itu disempurnakan dengan Focus Group Discussion (FGD). Sehingga, nantinya ada kesimpulan dan konsep bagaimana menghadirkan enterprenur yang memiliki kualitas dan berdaya saing di Kota Padang.

Lalu, katanya, upaya ini juga menjadi salah satu upaya dalam menyikapi jumlah pemuda di tahun 2035 yang mencapai 60 persen di Indonesia. “ Mau tak mau kita harus serius memberikan penguatan, panggung dan pembinaan generasi-generasi muda untuk menghadirkan wirausaha baru,” jelasnya.

Di Indonesia, katanya, jumlah pengusaha saat ini baru mencapai baru 2,8 persen dari jumlah penduduk yang ada, minimal 4 persen. Artinya, masih banyak wirausahawan baru yang dipersiapkan kedepan khususnya di ibu kota provinsi ini.

“Kita akan terus berupaya menciptakan lapangan kerja melalui penumbuhan wirausahawan baru. Seperti memberikan berbagai pelatihan serta fasilitas dalam membuka usaha bagi warga,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Padang, Hervan Bahar menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan pedoman dan acuan guna terciptanya sinergitas, koordinasi dan integrasi dalam implementasi program 10 ribu wirausahawan baru  periode 2014-2017.

Ia menyebutkan, enam program aksi penumbuhan wirausaha baru itu seperti, penguatan strategi pengembangan kewirausahaan baru Kota Padang. Penguatan peraturan dan kelembagaan kewirausahaan/UMKM.

Lalu, program menumbuhkan pendidikan kewirausahaan dan pengembangan keterampilan. Program promosi dan kerjasama. Program memfasilitasi transfer teknologi dan inovasi, dan program peningkatan akses ke sumber pendanaan. (Nanda)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY