Pulau Emas, Surga Bahari yang Makin Populer

0
524
MENAIKI banana boat, wahana favorit di lokasi itu. NUZUL ICHSAN

KEINDAHAN Sumatra Barat terus menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung. Salah satu keindahan alam itu adalah laut, pantai, dan pulau yang menawan dengan keasrian pasir putihnya.

BERFOTO dibelakang plang Memories Suwarnadwipa Paradise. NUZUL ICHSAN
BERFOTO dibelakang plang Memories Suwarnadwipa Paradise. NUZUL ICHSAN

Sebut saja misalnya Pulau Emas yang berada di pesisir sebelah Selatan Kota Padang. Pulau yang juga disebut Pulau Suwarnadwipa itu mempunyai gelombang tenang dengan airnya yang sangat jernih. Posisinya berseberangan dengan Pulau Sironjong, dan dekat sekali dengan jejeran pulau cantik, seperti Pulau Sikuai, Pulau Pagang, Pulau Pamutusan, dan Pulau Pasumpahan.

Di pulau ini, wisawatawan dapat menikmati fasilitas berupa penginapan yang nyaman dengan kesejukan alam. Pengelola wisata juga menerima kunjungan ‘one day tour’. Jadi, Anda tidak harus menginap.

BERSELFIE di perjalanan di atas kapal menuju Pulau Suwarnadwipa. NUZUL ICHSAN
BERSELFIE di perjalanan di atas kapal menuju Pulau Suwarnadwipa. NUZUL ICHSAN

Keberadaan terumbu karang di Pulau Emas tergolong masih baik dan sering dijadikan lokasi transplantasi terumbu karang dan perlindungan flora dan fauna dasar laut. Dengan alam bawah laut yang menakjubkan itu, wisatawan dapat melihat keindahan alam yang jarang dijumpai saat melakukan snorkeling. Anda dapat langsung menjumpai bintang laut dan aneka ragam ikan hias. Yang pasti, penggemar snorkeling sangat dimanjakan di tempat ini.

Untuk mengunjungi penginapan Pantai Suwarnadwipa atau Pulau Emas, pengunjung harus menggunakan speedboat dari Pantai Bungus Padang yang jaraknya 20 km atau sekitar 30 menit perjalanan dari pusat Kota Padang.

BERFOTO di buaian air yang menjadi favorit di Pulau Suwarnadwipa. NUZUL ICHSAN
BERFOTO di buaian air yang menjadi favorit di Pulau Suwarnadwipa. NUZUL ICHSAN

Salah seorang wisatawan, Nuzul Ichsan, mengatakan keindahan alam Sumbar dengan pesona bawah lautnya terus menjadi daya tarik tersendiri. Dengan banyaknya objek wisata yang menawarkan pesona, dia berharap Pemprov Sumbar terus melakukan pembenahan, baik dari insfrastruktur maupun hal teknis laiinya. Sehingga, dunia pariwisata Sumbar terus menjadi primadona bagi wisatawan lokal dan mancanegara. (*)

Laporan/Foto: Bobby Febrianda/ Nuzul Ichsan (Staff Kantor SDN 12 Padang Sibusuk, Sijunjung)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY