Tekan Angka Kriminalitas, Warga RW 01 ATT Gelar Ronda

0
227
WARGA RW 01 Airtawar Timur gealr ronda malam untuk mengantisipasi tindak kriminal di lingkungan itu. ROBI HAM

PADANG, KP – Untuk menjaga keamanan, ketentraman, sekaligus menekan angka kreiminalitas di RW 01 Kelurahan Air Tawar Timur, masyarakat setempat yang terdiri dari karang taruna, pemuda, dan tokoh masyarakat membentuk pam swakarsa dan melakukan ronda malam.

Tokoh masyarakat RW 1 Keluarahan Air Tawar Timur (ATT), Sungkono Guntur Susilo (45), kemarin, menyebutkan dalam beberapa waktu belakangan warga diresahkan dengan kasus pencurian. Hal itu kemudian disikapinya dengan mengundang para ketua RT, RW, Babinkantibmas, Babinsa, bersama warga dan tokoh masyarakat untuk mendiskusikan langkah-langkah yang akan dilakukan. Dari sanalah muncul gagasan untuk mengadakan ronda malam.

Ketua RW 01 Kelurahan Air Tawar Timur, Taufik Hafini, menuturkan sebelumnya juga telah pernah dilakukan ronda namun terhenti. “Namun, dengan adanya kejadian-kejadian di kampung ini, makanya ronda malam kembali dilakukan,” terangnya.

Dia menjelaskan ronda itu melibatkan pemuda, warga, mahasiswa, dan karang taruna. Setiap malam ada 6 orang yang melakukan ronda. Untuk kelancaran ronda, warga sepakat melakukan swadaya sebesar Rp15 ribu per rumah.

Lebih lanjut dijelaskannya, RW 01 terdiri dari 6 RT dan pada beberapa lokasi di kawasan itu sudah sering terjadi jambret dan maling. “Dengan adanya ronda ini semoga angka kriminalitas menurun. Sehingga, tercipta kampung yang aman. Selain itu, kita juga akan mendata pendatang baru yang masuk ke kampung kita,” tutupnya. (rob)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY