UPT BKN Padang Resmi Beroperasi, Urusan Kepegawaian tak Perlu Lagi ke Pekanbaru

0
971
KEPALA Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana, bersama Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, menekan bel sirine saat meresmikan Kantor UPT BKN Padang, di Gedung Rohana Kudus, Selasa (8/11). BOBBY FEBRIANDA

PADANG, KP – Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia resmi mengoperasikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) di Padang untuk mendekatkan pelayanan, terutama bidang kepegawaian. UPT BKN Padang merupakan yang keenam di Indonesia dari 7 UPT yang rencananya diresmikan tahun ini di seluruh Indonesia.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, mengatakan pendirian UPT itu bertujuan untuk mengutamakan pelayanan kepegawaian di pemerintahan daerah.

”Saat ini BKN memiliki 14 kantor regional seluruh Indonesia sehingga mesti membangun 20 kantor UPT di provinsi sisanya untuk meningkatkan pelayanan pada instansi pemerintah. Tahun ini kami sudah meresmikan 5 kantor UPT kepegawaian, dan UPT BKN Padang menjadi yang ke 6 dari 7 UPT yang akan resmikan tahun ini, ” ujarnya usai meresmikan kantor UPT BKN Padang, Selasa (8/11), di Gedung rohana Kudus.

Dia menambahkan, UPT itu mengunakan Computer Assisted Test (CAT) yang dimanfaatkan untuk rekruitment CPNS dan hal lainnya, seperti ujian dinas, penyesuaian ijazah, bahkan promosi jabatan.

“Jadi, dengan adanya UPT ini, ASN yang akan mengurus keperluan kepegawaiannya tidak mesti ke Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, tapi sudah bisa dilakukan di UPT BKN Padang,” tuturnya.

Sementara, Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Usman Gumanti, menjelaskan operasional UPT itu merupakan bentuk kerjasama antara BKN dengan Pemprov Sumbar dalam bentuk ijin pinjam pakai tanah dan bangunan selama lima tahun, terhitung 14 Juni 2016 hingga 14 Juni 2021.

“UPT BKN Padang menyediakan sarana CAT dengan kapasitas 50 unit PC (komputer) untuk berbagai keperluan kepegawaian,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengapresiasi kehadiran UPT BKN di Sumbar. Sebab, urusan kepegawaian dapat diselesaikan di UPT itu dan tidak mesti harus ke kantor regional. (bob)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY