Sumbar Benahi Infrastruktur Menuju Wisata Halal Dunia

0
256
Wagub Sumbar, Nasrul Abit

PADANG, KP – Provinsi Sumatra Barat saat ini tengah bertarung untuk meraih penghargaan dalam bidang pariwisata dunia dengan tajuk “World Halal Tourism Award 2016” mewakili Indonesia dengan dua kategori World’s Best Halal Destination dan World’s Best Halal Culinary Destination.

Sumbar saat ini tengah bersaing dengan Abu Dhabi, Dubai, Malaysia, Iran, Palestina, dan Turki. Bahkan, saat ini Sumbar telah masuk lima besar nominasi di dua kategori tersebut.

Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit mengatakan, Sumbar tengah bertarung mengikuti World Halal Tourism Award 2016 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab untuk itu faktor pendukung sektor pariwisata di Sumbar perlu ditingkatkan lagi agar wisatawan saat berkunjung tidak merasa kecewa.

“Menang atau tidak nanti pada ajang World Halal Tourism Award 2016, namun informasi tentang wisata Sumbar telah menyebar ke seluruh dunia. Agar wisatawan yang datang nanti tidak kecewa, infrastruktur harus kita benahi,” ujarnya usai menjadi inspektur upacara peringatan hari pahlawan di halaman kantor Gubernur Sumbar, Kamis (10/11).

Ia mengakui, saat ini infrastruktur pariwisata di Sumbar belum maksimal. Banyak hal yang masih terus dibenahi, namun akan dilakukan secara bertahap. “Tidak bisa instan. Secara bertahap kita lakukan pembenahan,” tuturnya.

Selain infrastruktur fasilitas hotel dan pemandu wisata yang memiliki kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik juga harus disiapkan, agar wisatawan yang datang merasa mendapatkan pelayanan yang prima dan berkeinginan untuk kembali datang ke Ranah Minang ini.

“Kita menuju wisata halal, maka fasilitas juga harus mendukung. Hotel yang ada harus bernuansa islami mulai dari pelayanan hingga pakaian pegawainya,” ulasnya.

Menurutnya, saat ini saja peningkatan kunjungan wisata ke Sumbar sudah meningkat 30 persen dibanding tahun lalu dan diharapkan bisa bertambah hingga akhir tahun. “Kami optimis ke depan Sumbar akan semakin dikenal dan kunjungan akan semakin banyak,” harapnya.

Ia menambahkan wisata halal tersebut memiliki sejumlah kategori dan masing-masing kategori akan diberikan sertifikat halalnya oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Kami sedang koordinasikan itu dengan MUI. Mudah-mudahan bisa segera direalisasikan,” tukasnya.

Sebelumnya Sumbar berhasil memenangi empat dari 15 kategori dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI.

Empat kategori tersebut, masing-masing Destinasi Wisata Halal Terbaik, Destinasi Kuliner Terbaik, Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik, dan Restoran Halal Terbaik. “Sedangkan untuk saat ini kita tengah menunggu hasil World Halal Tourism Award 2016 tersebut,” jelasnya.
Sementara, Ketua Asosiasi Sales of Travel Indonesia (Asati) Sumbar, Ade Nusyirwan mendukung penuh upaya Pemprov Sumbar untuk bisa lebih dikenal dunia melalui World Halal Tourism Award 2016, karena semakin dikenal wisatawan akan makin banyak yang berkunjung.

“Ini akan sangat menguntungkan tidak saja bagi pemerintah, tetapi juga bagi masyarakat Sumbar. Perekonomian akan bergerak dan makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (bob)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY