BIMBA Kembangkan Karakter Anak dengan Belajar Sambil Bermain

0
131

PADANG, KP – Bimbingan Minat Baca dan Belajar (Bimba) yang berada di bawah naungan Yayasan Pengembangan Anak Indonesia mempunyai cara tersendiri yang disukai anak-anak usia dini dalam belajar membaca dan menulis. Sebab, kegiatan belajar mengajar di Bimba diselingi dengan bermain, bernyanyi,dan bercerita.

“Anak-anak di sini berjumlah sekitar 61 anakdengan kisaran umur antara 3-6 tahun. Usia itu merupakan periode yang tepat membentuk karakter anak,” ujar pembina Bimba di Jalan Wirasakti III, Suraugadang, Nanggalo, kepada KORAN PADANG, kemarin.

Dia menjelaskan, manfaat bagi anak apabila di periode usia itu diajarkan baca tulis adalah anak lebih memiliki motivasi untuk belajar, lebih memunculkan kreatifitas, kecepatan berfikir, dan lebih percaya diri terhadap lingkungan.

”Anak-anak disini belajar hanya satu jam dan hanya tiga kali dalam seminggu. Sebab dalam satu jam masa belajar, konsentrasi anak tidak lebih dari lima belas menit. Selebihnya anak itu akan bermain. Oleh karena itu anak-anak di Bimba juga belajar sambil bermain,” tambahnya.

Menurutnya, Bimba mengusung konsep agar anak-anakusia dini memiliki anggapan bahwa belajar adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Sebab,imbuhnya, banyak anak-anak sekarang yang beranggapan belajar itu adalah suatu beban. Sehingga, mereka jadi malas untuk belajar.

“Namun apabila minat baca anak telah tumbuh, kemauan untuk belajar jadi tinggi. Dengan demikian, anak memiliki prospek ke depannya untuk berkembang dan meraih kesuksesan,” ujarnya.

Saat ini Bimba telah memiliki 30 cabang di Kota Padang. Rozawati berharap Bimba dapat berkembang dimanapun, termasuk daerah terpencil agar pendidikan berkualitas dapat dirasakan oleh semua anak-anak di Indonesia. (Teddy)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY