Innalillahi wainnailaihiroji’un, Ketua DPRD Padangpanjang Berpulang ke Rahmatullah

0
420
Insert: Asril Kasoema
Insert: Asril Kasoema

PADANG, KP – Innalillahi wainnailaihiroji’un. Kabar duka kembali menyelimuti Sumatra Barat. Ketua DPRD Kota Padangpanjang, Drs. Asril Kasoema, wafat dalam usia 64 tahun, Minggu (13/11), pukul 10.50 WIB, di Rumahsakit Yos Sudarso, Kota Padang.

Informasi yang dihimpun KORAN PADANG dari kerabat keluarga almarhum, H. Syahrial Syam, almarhum meninggal dunia karena komplikasi sakit yang dideritanya. Pada Jumat (11/11), almarhum sempat dirawat di RS BMC dan dirujuk ke RSUP Dr. M. Djamil. Pada Sabtu malam (12/11), almarhum dipindahkan ke RS Yos Sudarso sebelum akhirnya berpulang ke rahmatullah pada Hari Minggu.

Istri almarhum, Nurkayani, menuturkan tidak ada firasat menjelang kepergian sang suami tercinta. Namun, ujarnya, almarhum sempat mengutarakan niatnya untuk pulang ke Padangpanjang. Ketika ditanya dengan siapa pergi, dijawab pergi sendiri.

Keluarga besar H. Kasoema, pendiri Suratkabar Haluan, tampak menunggui jasad alamrhum di rumahsakit menjelang disemayamkan di rumah duka, di RW V Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Barat. Selanjutnya, dilakukan pelepasan jenazah oleh warga setempat dan kemudian jenazah almarhum dibawa ke Padangpanjang untuk disemayamkan di rumah dinas selaku Ketua DPRD Padangpanjang, di Jalan Adam BB No. 516 Kelurahan Balai-Balai Kecamatan Padang Panjang Barat.

Sebelum menjabat sebagai Ketua DPRD Padangpanjang, almarhum menjabat sebagai wakil rakyat di DPRD Sumbar periode 2009-2014. Sosok pria ramah dan murah senyum yang akrab disapa ‘Inyiak’ itu pernah memimpin keredaksian Suratkabar Haluan.

Kepergian almarhum menimbulkan duka mendalam bagi warga Padangpanjang yang merupakan kampung halaman almarhum, begitu juga bagi warga Sumbar, khususnya di dunia jurnalistik karena Asril Kasoema merupakan putra pendiri Haluan, H. Kasoema, sekaligus penerus suratkabar itu. Dia juga terjun ke dunia politik bersama Partai Golkar yang berhasil mengantarkannya ke kursi Ketua DPRD Padangpanjang pada pemilu legislatif tahun 2014 lalu.

Almarhum dimakamkan di pandam pekuburan keluarga di Kampungjambak Padangpanjang, setelah dilepas menuju peristirahatan terakhirnya oleh koleganya di DPRD Padangpanjang, para pejabat Pemprov Sumbar, Pemko Padangpanjang, Tanahdatar, Bukittinggi, dan daerah lainnya, serta tokoh Sumbar.

Drs. Asril Kasoema dilantik sebagai ketua DPRD Kota Padangpanjang pada 29 September 2014 lalu, bersama unsur pimpinan DPRD lainnya, di antaranya Wakil Ketua Erizal dan Wakil Ketua Yulius Kaisar. Selama menjalani tugasnya sebagai ketua DPRD Kota Padangpanjang, Asril Kasoema selalu aktif dalam setiap agenda kegiatan di gedung wakil rakyat tersebut.

Kepergian almarhum meninggalkan seorang istri, Nurkaryani, dan tiga orang anak, Lingga Pradipta Kasoema, Gilang Firjatullah Kasoema, dan Thalita Salsabilla. (ak/sup)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY