KONI Sesalkan Penambahan Nomor Pertandingan

0
153
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)

PADANG, KP – Jumlah nomor pertandingan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar XIV- 2016 dipastikan bertambah. Pasalnya, beberapa Pengprov sebelumnya telah mengajukan penambahan nomor pada masing-masing kelas yang dipertandingkan.

Hal itu berdampak pada jumlah medali yang diperebutkan juga akan bertambah. Hal ini sedikit disesalkan tuan rumah, terutama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Padang. Sebab, sebagai tuan rumah, Padang memiliki hak dalam mengajukan cabor, jumlah kelas serta nomor yang dipertandingkan.

Hanya, pada Porprov kali ini kebijakan itu diambil oleh masing-masing Pengprov Cabor, Kota Padang hanya mengikuti tanpa ikut dalam pembahasan kelas dan nomor yang dipertandingkan.

Sekretaris KONI Padang, Editiawarman menyesalkan hal itu. Ia menilai, tidak ada singkronisasi antara Pengprov Cabor dengan Kota Padang sebagai tuan rumah.

“Harusnya sebagai host Porprov Padang berhak mengajukan cabor serta kelas dan nomor yang dipertandingkan. Namun ini kan tidak, kita seolah tidak dilibatkan,” ujarnya, Senin (7/11).

Camat Padang Utara itu menambahkan, pihaknya merasa dirugikan dengan keputusan tersebut. Bahkan, ada indikasi penambahan nomor pertandingan menguntungkan daerah lain karena, Kota Padang tidak siap pada nomor tersebut.

Sementara menyangkut, adanya cabor yang awalnya eksebishi, namun resmi dipertandingkan seperti Muangthai, Editiawarman menilai hal itu tergandung sudut pandang saja.

“Memang, setiap cabor yang dipertandingkan, dalam hal ini Porprov harus melalui eksebishi dulu. Ada pula yang menilai, jika cabor tersebut sudah dilakukan eksebishi di tingkat nasional seperti PON, maka tidak perlu lagi di eksebishikan di Porprov. Untuk hal ini kita tidak ada masalah karena, kuota dan syarat untuk dipertandingkan sudah mencukupi,” lanjut Edi.

Pada Porprov 2016, Kota Padang menargetkan kembali mengamankan posisi juara umum untuk kali ke-14 dengan target medali yang diusung sebanyak 213 keping emas. (nda/*)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY