Peminat Ilmu Akuntansi Dikalangan Pelajar Cukup Tinggi

0
183
Siswa SMA/MA se - Sumatera terlihat serius dalam mengikuti Accounting Competition for Student yang digelar di Auditorium kampus Universitas Andalas (Unand), Limau Manis, Kecamatan Pauh, Padang yang berakhir, Minggu (13 /11). Foto SEPTIADI NEFRI.

PADANG, KP – Ilmu Akuntansi bagian dari ilmu ekonomi memiliki peminat cukup besar terutama di kalangan pelajar. Namun, selama ini wadah mereka untuk itu masih terbilang minim.

Kendati demikian diperlukan suatu ajang yang dapat menggerakkan kompetensi dan pemahaman, agar pelajar terbiasa dalam persaingan dan kompetensi.

Sebagai organisasi dibidang sosial, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi Fakultas Ekonomi Unand menyadari hal tersebut. Sehingga, digelarnya lomba akuntansi bagi siswa SMA/MA se-Sumatera, dengan tujuan untuk mengimplementasikan aspirasi kreatif ini ke dalam suatu program berkelas olimpiade.

Ronny Pradipta selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan, pendidikan di Indonesia saat ini masih tertinggal dari negara – negara tetangga. Sehingga, diperlukan berbagai upaya untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

“Salah satunya kegiatan ini, yang merupakan suatu wadah untuk menggali kembali potensi- potensi siswa SMA/MA ini, untuk dapat bersaing di kancah dunia,” ungkapnya kepada KORAN PADANG ketika di jumpai di Auditorium Unand.

Accounting for Student ini katanya, telah berlangsung dari 11 sampai 13 November 2016, yang terdiri dari ACS dan Try Out. ACS sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu dari Individu serta Tim, yang dilaksanakan dari 11 – 12. Sedangkan, Try Out dilaksanakan pada 13 November.

“ACS berguna bagi siswa terutama untuk mengetahui pemahaman dan menggali potensi tentang akuntansi. Sementara Try Out diperuntukkan untuk siswa kelas tiga untuk persiapan menuju jenjang perguruan tinggi,” jelasnya.

Sebelumnya, sosialisasi sudah dilakukan mulai September 2016, dan telah berhasil menggaet peserta ACS sebanyak 235 peserta. Sedangkan, peserta Try Out berjumlah sekitar 1.725 siswa.

Gelar juara Accounting Competition Siswa kategori Individu tersebut, diraih Liana Febrianti Ismail dari SMAN 1 Payakumbuh, juara II diraih oleh Dimas Putra Ragil dari SMAN 1 Sumbar dan juara III diraih Yolanda Fitrionita dari SMAN 3 Batusangkar.

Lalu, untuk kategori Tim diraih oleh SMAN 1 Payakumbuh sebagai juara I, juara II diraih SMAN 1 Sumbar dan juara III diraih oleh SMAN 3 Batusangkar. Hingga berita ini diturunkan, untuk kategori Try Out sendiri masih berlangsung.

Ronny menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk memacu prestasi akademik pelajar SMA ataupun MA di bidang akuntansi. Sebab, wadah mereka untuk itu saat ini, masih terbilang minim, dan juga memperluas ilmu pengetahuan tentang akuntansi, dan menambah wawasan.

“Kita juga berharap adik – adik (siswa) kita  ini bisa menjadi orang yang berkompeten kedepannya, dan berintelektual tinggi dalam bersaing,” imbuhnya. (teddy)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY