WNA Belum Diizinkan Bekerja di Sumbar

0
232
Wagub Sumbar, Nasrul Abit

PADANG, KP – Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit,mengungkapkan pemprov belum memberikan izin bagi Warga Negara Asing (WNA) untuk bekerja di Sumatra Barat.

Hal itu dikatakan Wagub usai membuka diseminasi perencanaan tenaga kerja, di Rocky Hotel, Padang Senin (14/11).

“Jenis pekerjaan yang ada di daerah kita masih dapat dikerjakan oleh tenaga kerja lokal. Sehingga, tidak perlu membawa tenaga kerja asing.Apalagi, dari segi kemampuan tenaga kerja kita juga tidak kalah dengan WNA, baik itu dari China, Thailand, Filipina, dan negara lainnya,”kata Wagub.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Nasrizal, menyebutkanizin bekerja untuk tenaga kerja asing di Indonesia dikoordinir Kementerian Tenaga Kerja. Sehingga, tenaga kerja asing yang ditempatkan di Indonesia disesuaikan dengan potensi-potensi yang ada di Indonesia.

Namun, pihaknya tetap menyiapkan tenaga kerja lokal untuk mampu berkompetisi dengan tenaga kerja asing. Salah satunya dilakukan dengan membekalinya dengan keahlian dan skill khsuus. Yang enting, ulasnya, jangan sampai pekerjaan yang sejatinya dapat dikerjakan tenaga lokal justru diambil oleh tenaga kerja asing.

“Dengan berlakunya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), maka persaingan di lapangan pekerjaan dengan WNA menjadi persoalan serius. Namun, yang diupayakan adalah terciptanya persaingan sehat. Sehingga, nantinya pekerja Indonesia juga dapat bekerja di luar negeri,” pungkasnya. (Bobby)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY