Sidak Ke JTO dan Samsat, Gubernur: “Pelapor Pungli akan Dirahasiakan Identitasnya”

0
202
GUBERNUR Sumbar Irwan Prayitno melakukan sidak di Jembatan Timbang Oto (JTO) Lubuk Buaya, Padang, Rabu (16/11).

PADANG, KP – Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, melakukan inspeksi mendadak (sidak) dalam upaya pemberantasan pungutan liar (pungli), Rabu (16/11). Kali ini yang menjadi sasaran dalam sidak tersebut adalah Jembatan Timbang Oto (JTO) di Lubukbuaya dan UPTD Samsat Padang, Rabu (16/11).

Dalam sidak tersebut, Gubernur tidak menemukan adanya pungli di lokasi tersebut. Namun demikian, Gubernur memastikan bahwa jika ditemukan ada pegawai di lingkungan Pemprov Sumbar yang memberikan pelayanan disertai meminta pungutan kepada masyarakat, maka akan dikenakan sanksi.

Gubernur juga tidak menutup kemungkinan adanya oknum yang melakukan pungli. Oleh karena itu, dilakukan sidak untuk meminalisir dan mencegah terjadinya pungli.

“Kita akan sidak secara berkala sehingga pungli yang terjadi di masyarakat dapat diberantas. Itu sudah jadi komitmen kita di Pemprov Sumbar untuk memberantas pungli sesuai intruksi Presiden,” kata Gubernur.

Walaupun begitu, imbuhnya, sidak tidak akan efektif jika pegawai tidak menyadari pentingnya pelayanan publik yang baik. Atas dasar itulah, pemprov terus berupaya melakukan pembinaan pada pegawai untuk mempunyai integritas dan tanggungjawab.

Tidak hanya itu, pemprov Sumbar juga telah berupaya menyosialisasikan kepada pegawai untuk tidak melakukan pungli melalui pemasangan spanduk anti pungli serta mengeluarkan surat edaran.

“Bahkan, sudah tiga kali surat edaran dikeluarkan. Alhamdulilah, sampai saat ini tidak ada ditemukan pungli,” katanya.

Gubernur juga meminta masukan kepada seluruh pihak terutama masyarakat, jika ada oknum yang melakukan pungli.

“Catat siapa penerimanya, kapan waktunya, serta lokasi kejadian. Semuanya akan kita proses lebih lanjut dan kita jamin nama pelapor akan dirahasiakan. Karena ini sangat penting bagi kita dalam memberantas pungli di Sumbar,” pungkasnya. (bob)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY