Peluncuran Saber Ditunda, Gubernur: ”Pencegahan Pungli di Sumbar Tetap Jalan”

0
285
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

PADANG, KP – Peluncuran Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Sumatra Barat (Sumbar) semula dijadwalkan pada 16 November 2016, ditunda.  Pasalnya, masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan teknis dari pusat.

“Kita masih melakukan koordinasi. Jika petunjuk pelaksanaan dan teknis sudah ada, Satgas Saber Pungli segera kita luncurkan,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada Jembatan Timbang Oto dan Samsat Padang, Rabu (16/11). Meski tim belum diluncurkan, namun ia mengatakan, pencegahan pungli di Sumbar tetap dilaksanakan.

“Sejak awal kita telah berkomitmen untuk memberantas pungli. Program presiden untuk membentuk Satgas Saber Pungli memudahkan Pemprov Sumbar untuk mewujudkan program tersebut,” tuturnya.

Pertemuan awal untuk pembentukan satgas ini telah dilaksanakan antara Pemprov Sumbar, Polda Sumbar, TNI dan Kejaksaan Tinggi. “Hasilnya telah dibentuk kerangka satgas,” katanya.

Satgas itu nantinya akan bertanggung jawab untuk memberantas pungli di Sumbar. “Semua pungli tanpa memandang besar nominalnya harus dihapuskan dari Sumbar. Kalau ada ASN yang terlibat, akan dipecat dari jabatannya,” ulasnya.

Ia menambahkan, seluruh abdi negara meskipun berlainan instansi dan lembaga, adalah pelayan rakyat. Karena itu harus bisa memberikan pelayanan terbaik pada rakyat.

Satgas Saber Pungli Sumbar akan berisi Ispektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Sumbar, sebagai Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Sumbar, kemudian dilengkapi dengan tim dari Kejaksaan Tinggi.

Satgas ini berada dibawah tanggungjawab Gubernur Sumbar untuk provinsi. Sedangkan, untuk kabupaten/kota berada dibawah tanggungjawab bupati/wali kota dengan Ketua Pelaksana Tim Wakapolres kabupaten/kota. “Tim ini bertangungjawab kepada Tim Satgas Pusat, yang harus melaporkan setiap kegiatannya,” pungkasnya. (bob) 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY