Pengambilan Api di Pariangan, Api Porprov XIV Disemayamkan di Balaikota

0
158
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyerahkan langsung api Porprov kepada Walikota Padang, H. Mahyeldi dalam prosesi pengambilan api Porprov di Nagari Tuo Pariangan, Kecamatan Pariangan, Tanahdatar, Kamis (17/11). Humas

PADANG, KP – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV akan ditabuh pada Sabtu (19 November) ini di Kota Padang. Sesuai tradisi, rangkaian pembukaan didahului dengan prosesi pengambilan api Porprov di di Nagari Tuo Pariangan, Kecamatan Batipuh, Tanahdatar, Kamis (17/11).

Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit menyerahkan, langsung api Porprov kepada Walikota Padang, H. Mahyeldi. Sebelumnya prosesi pengambilan api obor itu dilaksanakan secara adat. Api diambil dari sumber api abadi di nagari yang dinobatkan sebagai kampung terindah di dunia tersebut.

Pengambilan api dari sumbernya dilakukan oleh walinagari bersama tokoh adat setempat,  lalu disulutkan di tiga obor yang telah disediakan.

Kemudian api untuk Porprov disulutkan oleh Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi dari salah satu obor dan diserahkan kepada Wakil Gubernur,  selanjutnya diserahkan ke Walikota Padang. Oleh Walikota Padang diserahkan kepada Qori Mita Kurnia (pesilat peraih emas pada PON XIX ) selaku atlet pembawa api.

Setelah itu dilakukan kirab secara konvoi sampai ke batas Kota Padang oleh perwakilan atlet, dan lainnya. Sesampai di Padang maka disambut Wakil Walikota Padang, H.Mahyeldi dan SKPD Kota Padang. Kemudian dilakukan konvoi keliling kota dengan rute Jln. Adinegoro-Jln. S. Parman-Jln. Veteran-Jln. Ahmad Yani-Jln Sudirman-Jln Sawahan-Jln Simpang Haru-Jln Andalas-Jln By-Pass dan finish di Balai Kota Padang.

Di kantor Walikota itu nanti para pembawa api obor itu akan menyerahkan kepada Walikota Mahyeldi lalu api tersebut disemayamkan di Balaikota By Pass tersebut.

Wagub Nasrul Abit menilai, prosesi ini sebagai suatu gambaran semangat sportifitas yang dibangun menjadi tradisi dalam setiap pelaksanaan Porprov di Sumbar.

“Pengambilan api Porprov memang suatu tradisi yang kita pelihara sebagai suatu simbol keseriusan kita bersama dalam pesta olahraga tersebut,” katanya.

Nasrul Abit berharap, Porprov XIV di Kota Padang berjalan dengan baik dan melahirkan atlet-atlet terbaik yang akan bertanding pada PON XX di Papua nanti. Karena kemungkinan pilihan atlet akan lebih selektif. Yang akan dikirim hanya yang terbaik.

Sementara,  Walikota Mahyeldi mengatakan, api porprov dari Pariangan akan langsung dibawa ke Padang setelah singgah di Indo Jalito,  Batusangkar.

Api porprov nantinya dibawa ke Balaikota dan disambut oleh Wakil Walikota Padang H. Emzalmi. Keesokan lusa (Sabtu,  19/11) petang api akan diarak ke arena pembukaan Porprov di Stadion H. Agus Salim Padang.

“Api Porprov simbol semangat para atlet dalam menghadapi pertandingan. Semangat tersebut harus tetap hidup. Sehingga, mencapai yang terbaik di ajang Porprov.

Selaku tuan rumah, Mahyeldi bertekat pelaksanaan porprov ini adalah yang terbaik. Diwujudkan dengan pelayanan yang baik terhadap tamu dan menjunjung tinggi sportifitas.

“Selaku tuan rumah,  kami akan melaksanakan dengan baik. Memberikan pelayanan kepada kontingen.  Para atlet juga agar menjunjung sportifitas, “tukas Mahyeldi.
Dimeriahkan Band J-Rock

Sementara itu, untuk opening ceremony, grup band beraliran Japanese pop/rock, J-Rocks akan memeriahkan acara pembukaan pada 19 November mendatang.

Grup band yang beragontakan Iman Taufik Rachman (vokalis dan gitaris), Swara Wimayoga (Basis), Sonny Ismail Robbayani (gitaris) serta Anto Rudi Celces (drummer) itu bakal menampilkan beberapa lagu andalan dengan durasi pementasan 1 jam.

“Ya, J-Rock bakal tampil pada opening ceremony Porprov 2016.

Sebelumnya pihak Event Organizer (EO) sempat mengusulkan menghadirkan grup Band Wali. Hanya saja di saat bersamaan grup band beraliran Melayu  itu memiliki jadwal manggung yang bersamaan dengan pembukaan multi iven tahunan di Padang,” terang Suardi.

Dia menambahkan, panitia sudah dapat kepastian dari EO bahwa artis ibukota yang akan didatangkan ke Padang pada opening ceremony nanti adalah J-Rocks, grup band ini terkenal dengan lagu ‘Kau Curi Lagi’.

Sesi hiburan terutama penampilan J-Rocks, lanjut mantan Kabag Humas Pemko Padang itu ditampilkan di pengujung acara.

“Kita serahkan pembukaan dan penutupan Porprov kepada EO. Mereka yang mengurus bagaimana pelaksanaannya nanti. Namun dari beberapa latihan resmi yang dilakukan, saya yakin acara nantinya  bakal meriah,” tutupnya. (nda/nal)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY