Festival Multi Kultural Sambut HUT Kota “Arang” ke-128

0
169
Randai, salah satu pertujukan seni yang akan memberiahkan Festival Multi Kultural dalam memeriahkan HUT Kota “Arang” ke- 128. ISTIMEWA

SAWAHLUNTO, KP – Pertunjukan kesenian randai dan kuda kepang akan menyambut rangkaian acara Festival Multi Kultural dalam memeriahkan HUT Kota “Arang” ke- 128.

Acara tersebut dijadwalkan digelar dari 25-30 November dengan menghadirkan berbagai pertunjukan kesenian tradisional dari berbagai etnis dan budaya yang ada di Sawahlunto.

“Festival ini digelar setiap tahunnya, sebagai wadah untuk meningkatkan kunjungan wisata di Sawahlunto yang sudah dikenal, masyarakat luas dengan keragaman etnis dan budayanya,”ungkap Sri Gusmayani, Staff Bidang Kebudayaan, Dinas Pariwisata setempat, Kamis (23/11).

Lanjutnya, pementasan seni dari berbagai etnis dan budaya dari luar Sumatra Barat juga akan turut memeriahkan Festival Multi Kultural kali ini.

“Pertunjukan kesenian tradisional dari daerah tetangga juga ikut memeriahkan ferstival kali ini diantaranya, pagelaran seni dari kabupaten Tebo, dan pagelaran seni dari Musi Rawas serta berbagai paguyuban yang ada di kota ini juga akan turut ambil bagian,”tambahnya.

Selain festival seni budaya, Pemko bersama dengan komunitas-komunitas hobi yang ada di kota ini juga mengadakan beberapa kegiatan olahraga dan hobi, diantaranya Sawahlunto Night Run, Sawahlunto Derby, Dog Race, Kejurnas Gantole dan Paralayang dan masih banyak kegiatan lainnya.

Pada acara puncak akan diadakan kegiatan “makan bajamba”, yaitu acara makan bersama yang dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 3-7 orang duduk melingkar.

Disetiap kelompoknya tersedia satu dulang yang terdiri dari tumpukan piring berisi nasi, dan lauknya. Acara makan bajamba ini akan diawali dengan berbagai kesenian Minang, dan pembacaan ayat-ayat suci Alquran, serta acara berbalas pantun adat. (fer)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY