Aswita Vicosny : “Perlu Ambil Langkah Besar Buat Perubahan”

0
93
Teks.foto.jpg - Gedung sekolah SDN 33 Sawahan jalan Tan Malaka No.5 Kelurahan Sawahan Kecamatan Padang Timur. SEPTIADI NEFRI

PADANG, KP – Menggalakkan kembali, membangun serta membentuk apa yang telah ada di sekolah, itulah prinsip yang tengah dilakukan Aswita Vicosny, selaku Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 33 Sawahan yang berlokasi Jl. Tan Malaka Kel. Sawahan Kec. Padang Timur ini.

Memang terlihat mudah karena tinggal meneruskan apa yang telah dibangun oleh Kepsek, namun berbanding terbalik apabila telah dilakukan.

Aswita yang dulunya merupakan guru dari SDN 28 Gurun Laweh, dan pada 18 Januari lalu dipromosikan menjadi Kepsek di SDN 33 Sawahan. Sehingga, membuat ia harus bekerja lebih keras daripada biasanya.

Sesuai dengan Visi sekolahnya yaitu, “Terdepan dalam prestasi, berakhlak mulia, cerdas terampil, berkepribadian baik dan berbudaya lingkungan”, Aswita harus mengambil langkah besar yang dapat membuat perubahan pada sekolahnya.

Salah satunya program yang telah diberikan Dinas Pendidikan untuk sekolah ini tentang Adiwiyata, Karakter, Proses Belajar dan Mengajar (PBM).

Untuk Adiwiyata, Aswita telah melakukan perubahan yang cukup signifikan seperti, penghijauan, menanam tanaman, memupuk tanaman yang hampir mati, penyediaan tempat sampah, dan kebersihan lingkungan.

Lalu, karakter. Dalam hal ini, pembentukan karakter bagi siswa sangat diperlukan, karena baik buruknya siswa adalah dari karakter diri siswa tersebut.

“Jadi semacam komunikasi dan silahturahim yang lebih ditingkatkan lagi, baik guru maupun siswa,” katanya kepada KORAN PADANG ketika ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (29/11).

Lanjutnya, untuk PBM yang dalam hal ini harus ditingkatkan, terutama dalam hal sarana dan prasarana.”Karena apabila ini mendukung, maka siswa akan lebih semangat lagi dalam mengikuti pelajaran,” jelasnya.

Ia juga menuturkan, untuk kemajuan sekolah ini dan anaknya orang tua sangat mendukung penuh. Sekolah seperti ini juga bantuan dari para guru, siswa dan juga orang tua siswa tersebut.

Salah satu buktinya adalah, sambung Aswita, prestasi – prestasi yang telah diperoleh oleh sekolah baru- baru ini yaitu, juara I lomba manggambar yang diadakan oleh Kementrian ESDM, juara favorit I Uda Uni untuk Duta Cilik Sumbar pada 27 November lalu, dan juara harapan I Lomba Pidato se-Kota Padang yang diadakan Kementerian ESDM.

“Selain prestasi siswa, guru – guru disini juga tidak kalah dalam hal prestasi. Pasalanya, pada 25 November 2016 yang lalu, dalam HUT PGRI ke-71 dan HGN, guru – guru SDN 33 Sawahan mendapat juara II Lomba Badminton Putri,” sampainya.

Aswita berharap, agar hal baik seperti ini terus berlanjut dan dapat ditingkatkan, terutama di dalam lingkungan sekolah ini, baik dari guru dan siswa, maka prestasi sekolah ini bisa naik ke tingkat nasional.

Ia menambahkan, agar sekolah ini bersih dan asri, pihaknya akan segera melakukan suatu kegiatan yang sebelumnya belum pernah dilakukan di sekolah ini, seperti piket keliling yang akan dilakukan siswa kelas 4,5 dan 6.

“Tujuannya untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan sekolah, jadi yang melakukannya adalah siswa, dan itu secara bergantian,” pungkasnya. (Teddy)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY