Kesehatan ASN Padangpanjang Diperiksa

0
128
Padanpanjang

PADANGPANJANG, KP – Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang memeriksa kesehatan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di daerah itu dalam memperingati HUT ke-45 Korpri, Selasa (29/11).

Kepala Dinas Kesehatan Padangpanjang, Rio Akhadanelly, didampingi Kepala Seksi Pengamatan Penyakit, Fita Gusta, menyebutkan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di kompleks Balaikota Padangpanjang itu berupa cek gula darah, kolesterol, hipertensi, obesitas, lemak tubuh, termasuk pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM) yang seringkali diabaikan.

“Dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini diharapkan para ASN bisa lebih mengutamakan kesehatan. Sehingga, terhindar dari berbagai penyakit tidak menular,” ujarnya seraya menambahkan penyakit tidak menular tersebut sering terjangkit karena kurangnya aktivitas fisik, sering meminum alkohol, merokok, mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan, sering mengonsumsi makanan instan, dan faktor lainnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, tekanan darah tinggi atau hipertensi saat ini telah menjadi penyakit yang umum bagi banyak orang, apalagi bagi masyarakat perkotaan.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal. Akibat terburuk dari penyakit itu adalah kematian.

“Untuk mencegah penyakit itu, dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi garam pada makanan. Konsumsilah makanan yang mengandung kalium, magnesium, dan kalsium. Kurangi minum-minuman beralkohol, ubah pola makan tidak sehat ke yang sehat, perbanyak makan buahan dan sayuran, serta olahraga secara teratur,” paparnya.

Dalam pemeriksaan kesehatan bagi ASN itu diturunkan dua orang dokter dan sejumlah tenaga pembantu dari puskesmas dan Dinas Kesehatan. (Edi Fatra)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY