MTQ Bukan Sekadar untuk Mengejar Gelar Juara

0
332
GUBERNUR Sumbar, H. Irwan Prayitno, bersama Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Salman, dan Bupati Hendrajoni, memukul gendang saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-38 Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), di Asam Kumbang, Kecamatan IV Nagari, Bayang Utara, Senin lalu (28/11).

PAINAN, KP – Gubernur Sumatra Barat, H. Irwan Prayitno, membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-38 Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), di Asam Kumbang, Kecamatan IV Nagari, Bayang Utara, Senin lalu (28/11).

Wabup Pessel, Rusma Yul Anwar, yang juga Ketua LPTQ Pessel, menyebutkan penyelenggaraan MTQ agar dijadikan momentum membangun Pessel ke arah yang lebih baik, khusunya di bidang keagamaan serta mengamalkan nilai-nilai Alquran sebagai upaya menciptakan kehidupan masyarakat yang agamais.

Wabup juga menekankan agar MTQ itu melahirkan qori dan qoriah yang dapat mewakili Pessel pada MTQ Nasional Tingkat Sumbar tahun 2017 di Kota Pariaman.

MTQ tingkat Pessel itu diikuti 810 orang kafilah dari 15 kecamatan yang akan mengikuti 11 cabang perlombaan selama empat hari.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Salman, menyatakan kekagumannya dengan panitia penyelenggara MTQ karena pelaksananya menyerupai gelaran MTQ tingkat Sumbar. Dia yakin dan optimis MTQ itu akan berjalan dengan lancar.

Sementara, Bupati Pessel, Hendrajoni, mengatakan MTQ mengandung nilai persaudaraan untuk meningkatkan silaturahim. Bupati menilai Kecamatan IV Nagari Bayang Utara sebagai tuan rumah membuktikan kemampuannya dalam menghelat MTQ dengan baik.

“MTQ ini bukan hanya untuk mencari juara saja tapi juga untuk menumbuhkan gemar membaca Alquran serta melahirkan kafilah yang baik untuk Pessel dalam ajang MTQ yang lebih tinggi,” kata Bupati sembari menambahkan disediakan hadiah terbaik I berupa ibadah haji bantuan Bank Syariah Mandiri senilai Rp25,5 juta.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumbar, H. Irwan Prayitno, turut memuji MTQ tersebut. Dia mengimbau peserta untuk tidak hanya sebatas membaca tapi harus memahami isi Alquran. Sebab, Alquran lah yang akan menyelamatkan hidup di dunia dan diakhirat.

Untuk itu, Gubernur menyerukan untuk selalu membaca dan mengamalkan kandungan Alquran.

Pembukaan MTQ tersebut dihadiri unsur forkompinda, anggota DPRD Sumbar Dapil 8, Wakil Ketua DPRD Pessel beserta anggota, Kepala OPD, perbankan, Ketua TP PKK, GOW, Dharmawanita, Camat se-Pessel, walinagari, dan masyarakat luas. (Ahmad)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY