Pindah Ke Kapal, Pendapatan Pedagang Kuliner Turun

0
229
Dok.

 

PADANG, KP – Puluhan pedagang yang menempati lokasi kapal kuliner di Pasar Raya Padang melakukan aksi protes dengan turun ke jalan di kawasan Air Mancur, Kecamatan Padang Barat, Selasa (29/11).

Para pedagang yang berjualan beraneka makanan ituprotes lantaran omset mereka turun drastis setelah dipindahkan ke lokasi Kapal Kuliner tersebut. Mereka menyesalidinas terkait yang tidak konsisten dengan pemindahan pedagang yang dianggap ‘tebang pilih’ terhadap para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Air Mancurtersebut. Sehingga, masyarakat enggan mampir ke kapal kuiliner lantaran  masih ada beberapa pedagang yang berjualan di luar lokasi kapal kuliner tersebut.

“Tidak ada jual beli kami. Sudah sepuluh hariini omset kami menurun drastis, dari Rp40 ribu perhari hingga hanya Rp10 ribu perhari. Dengan cara ini bagaimana kami mau makan,”keluh salah seorang pedagang, Angel (17).

Seperti diketahui, lokasi kuliner yang digagas Pemko Padang melalui Dinas Pasar itu baru beberapa waktu lalu diresmikan Walikota Padang, H. Mahyeldi, dengan desain yang unik berbentuk kapal. Lokasi kapal kuliner itu bertujuan untuk menata agar kawasan Air Mancur terlihat rapi.Dengan meindahkan PKL ke kapal kuliner tersebut,maka kawasan Air Mancurlebih bersih dan terbebas dari macet.

“Kami meminta agar para pedagang yang ada di sekitar Air Mancur dapat dipindahkan semuanya dengan merata. Apabila kondisi ini dibiarkan terus, kami-kami yang ada di lokasikapal kuliner ini hanya bisa bermenung tanpa jual beli. Sedangkan kami butuh uang untuk menyambung hidup,” tambah Angel.

Pedagang lain, Surdani (48), juga mengungkapkan bahwa lokasi kapal kuliner terbilang sempit dan membuat masyarakat enggan singgah.

“Kami berjualan di lokasi yang sempit. Seharusnya diberi ruang lagi para pedagang dengan pedagang lain,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pasar Padang, Endrizal,menyebut pihaknya telah mendatangi seluruh pedagang yang melakukan aksi protes itu untuk duduk bersama dan mencarikan solusi atas permasalahan tersebut.

Dia memastikan segala bentuk protes dan aspirasi para pedagang akan ditampung dan dicarikan jalan keluarnya yang tidak merugikan para pedagang maupun Pemko Padang.

“Saat ini kita masih mencarikan jalan keluarnya. Mudah-mudahan dengan duduk bersama ini, permasalahan yang ada bisa dipecahkan,” tutupnya. (Irwanda)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY