KONI Sumbar Penerima Dana Hibah Terbesar

0
132

PADANG, KP – DPRD Sumbar menyepakati dana hibah pada tahun anggaran 2017 sebesar Rp 9,94 miliar. Dana hibah itu diperuntukkan bagi PMI sebesar Rp1 miliar, pramuka Rp1 miliar, dan Safari Ramadhan Rp2,94 miliar, serta KONI Rp5 miliar.

Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat, kemarin, mengatakan dana hibah pada badan, organisasi, atau lembaga, adalah amanat undang-undang. Sehingga, penganggarannya terasuk prioritas pada APBD 2017 yang telah ditetapkan sebesar Rp6,245 triliun.

Menurutnya, secara keseluruhan rancangan APBD Sumbar telah diserahkan ke Kemendagri untuk dievaluasi. Dia berharap angaran hibah itu tidak menjadi catatan oleh Kemendagri. Sebab, bisa saja nanti Kemendagri memberi catatan jika anggaran tersebut dinilai tak tepat.

Dijelaskannya, dana hibah itu akan diserahkan langsung pada pengguna anggaran. Dia berharap anggaran tersebut bisa dimanfaatkan maksimal.

“Untuk safari Ramadhan, dananya akan disalurkan saat Ramadhan nanti pada masjid dan musala yang telah didaftarkan sebagai penerima tahun 2017 mendatang,” ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim, menjelaskan khusus dana hibah untuk orang atau per orangan, termasuk bantuan sosial, belum dapat dialokasikan pada APBD 2017.

Pasalnya, belum dilakukan verifikasi dan evaluasi terhadap usulan yang ada. Oleh sebab itu, imbuhnya, badan anggaran merekomendasikan pada APBD 2017 awal dialokasikan anggaran untuk melakukan verifikasi terhadap semua usulan dana hibah atau bansos tersebut. Sedangkan alokasi bantuannya dianggarkan pada APBD perubahan 2017. (fai)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY