Rencanakan Pembangunan, Nagari Sungai Duo Gandeng ‘Kopi Elit’

0
77
Logo

DHARMASRAYA, KP – Guna meningkatkan berbagai aspek pembangunan, mulai dari peningakatan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga pembangunan fisik, Sekretaris Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, menggandeng tokoh-tokoh pemikir serta ilmuan yang ada di wilayah tersebut.

“Lewat Koordinasi pikiran Ilmuan dan Tokoh atau kami singkat (Kopi Elit), maka segala sesuatu yang akan direncanakan untuk pembangunan nagari kami ini dapat berjalan dengan baik,” kata sekretaris nagari Sungai Duo, Ciptanto Joko.W diruang kerjanya, baru-baru ini.

Menurutnya, seperti yang terlihat, nagari Sungai Duo, kini terus berupaya agar berkembang lebih pesat. Bahkan, hingga saat ini tak ada satupun persoalan pembangunan yang terkendala di nagari yang penduduknya beragam suku dan ras tersebut.

Bahkan, sebut Ciptanto, pihak nagari tak segan-segan mengundang Anggota DPRD Dharmasraya untuk duduk bersama dengan pemuka Nagari, guna menjawab problema yang tengah di hadapi oleh masyarakat atau Nagari.

“Lewat Kopi Elit inilah kami dari nagari menjawab serta merealisasikan segala bentuk persoalan yang ada baik itu persoalan peningkatan SDM, peningkatan Ekonomi maupun pembangunan yang bersifat fisik,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam Kopi Elit  yang digelarnya itu, peserta akan di ikuti oleh orang-orang yang memiliki kridebilitas atau berperan dalam agenda itu. Seperti persoalan pendidikan, pihaknya akan mengundang tokoh-tokoh pendidik atau guru.

Kemudian dari program yang ia gagas sejak tahun 2015 itu, nagari Sungai Duo, mendapat kucuran dana dari propinsi untuk pengembangan fisik dan ekonomi.

“Dari 52 Nagari yang ada, hanya ada dua nagari mendapat kucuran dana sebesar Rp 7 miliar dari provinsi, yakni nagari Sungai Duo dan nagari Sungai Rumbai,” terangnya.

Dirinya berharap, gagasan yang kini menjadi kebutuhan bagi Nagari Sungai Duo bisa di ikuti oleh Nagari-nagari lainya yang ada di kabupaten Dharmasraya ini. Sehingga, peranan Nagari sebagai ujung tombak pemerintah Daerah dapat berjalan dengan baik. (nof)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY