Badrul Mustafa: Gempa Aceh Tidak Berpengaruh ke Sumbar

0
114
Pencarian korban gempa Aceh beberapa waktu lalu.BBC

PADANG, KP – Pakar gempa, Badrul Mustafa mengatakan, gempa besar yang terjadi di Aceh beberapa waktu lalu yang merenggut korban jiwa lebih seratus orang tidak berpengaruh terhadap daerah Sumbar.

“Jadi masyarakat daerah ini tidak perlu cemas, karena jalur gempa yang melanda Aceh tidak ada hubungannya dengan sekmen Mentawai. Namun, kewaspadaan tetap dijaga karena gempa munculnya tiba-tiba. Lagi pula daerah kita termasuk rawan gempa,” ucapnya.

Badrul Mustafa yang juga dosen Fakultas Teknik Universitas Andalas (Unand) Lektor Kepala tersebut menyatakan hal itu dalam percakapannya dengan KORAN PADANG usai acara pemilihan Ketua Umum KONI Sumbar di hotel Pangeran Beach Padang, Kamis malam, (15/12) sehubungan dengan adanya isu-isu yang berkembang di tengah masyarakat bahwa Padang bakal dilanda gempa besar pula, setelah musibah gempa yang melanda Aceh.

“Jadi saya tegaskan sekali lagi bahwa gempa yang terjadi di Aceh tidak ada hubungannya dengan daerah Sumbar. Kalaupun terjadi gempa Mentawai sudah pasti jalurnya berbeda,” tandasnya.

Dikatakan, sampai saat ini belum, ada alat yang bisa mendeteksi kapan bakal terjadi gempa lengkap dengan berapa kekuatannya. Makanya, masyarakat jangan mudah percaya isu, terlebih mengenai isu tsunami bakal datang.

Menurut Badrul, justru yang perlu diwaspadai adalah gempa darat sekmen Suliti di daerah Solok Selatan. Pada tahun 1943 silam gempa besar yang berpusat di sekmen Suliti tersebut pernah terjadi.

“Kejadiannya telah berlangsung sekitar 70 tahun. Diperkirakan pada sekmen Suliti tersebut bakal memicu terjadinya kembali gempa besar. Ini perlu diwaspadai karena pusatnya di darat. Dan gempa di sekmen Suliti Solok Selatan tersebut diperkirakan dahsyatnya setara dengan gempa Padangpanjang yang terjadi tahun 1926,” demikian sebut Badrul Mustafa. (eja)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY