Tutup Akhir Tahun, Mutasi Besar-besaran bakal Bergulir di Bukittinggi

0
526
Logo Bukittinggi

BUKITTINGGI, KP – Menyusul Rancangan Peratutan Daerah (Ranperda) tentang Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) sudah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), Walikota Bukittinggi, H.Ramlan Nurmatias berencana akan menutup akhir tahun 2016 ini dengan melakukan mutasi besar-besaran.

Sedikitnya, 540 orang pejabat eselon V, IV, III dan II akan ada yang dilantik, bahkan ada juga yang digeser bahkan di non jobkan Walikota pada akhir tahun ini.

Walikota Ramlan Nurmatias kepada KORAN PADANG, baru-baru ini mengatakan akan melakukan mutasi dan rotasi serta melantik pejabat baru di lingkungan Pemko Bukittinggi pada akhir tahun ini..

“Direncanakan pelantikan akan dilaksanakan selama 3 hari berturut turut, dari 28 hingga 30 Desember 2016 ini,” ujar Walikota Ramlan Nurmatias.

Menurut Walikota, banyaknya pejabat yang akan di lantik, disebabkan banyaknya jabatan yang masih kosong, mulai dari pejabat eselon V, IV dan III. Hal ini dilakukan untuk mengisi struktur jabatan baru pada SOPD yang baru termasuk pengukuhan pejabat eselon II.

“Mutasi ini dilakukan sebagai bentuk penyegaran di lingkung an kerja masing-masing. Sehingga, dengan penyegaran itu akan dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik terutama peningkatan kualitas kerja,” jelasnya.

Lebih lanjut disebutkannya, mutasi besar-besaran ini juga menandai “Nol Kilo Meter”. Tentu kepada pejabat yang dilantik dituntut kinerjanya untuk membangun masyarakat dan Kota Bukittinggi ini.

“Karena masih banyak yang harus kita bangun di Bukittinggi dan membutuhkan tenaga tenaga profesional dan bertanggungjawab dengan bidang tugas yang diamanahkan,” tuturnya.

Terpisah Wakil Walikota Bukittinggi, H.Irwandi juga mengakui, menjelang akhir tahun akan ada mutasi besar besaran, termasuk Pengukuhan pejabat eselon II yang ada sekarang ini.

Sebab, menurutnya, pengukuhan pejabat eselon II ini merupakan suatu keharusan setelah terbentuknya SOPD yang baru, sesuai dengan Edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor. B/3116/ M. PAN RB/ 09/2016, tertanggal 30 September 2016 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota terkait dengan Pelaksanaan Peraturan pemerinntah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat daerah.

”Jadi pejabat eseon II ini dikukuhkan dulu, setelah itu baru dilakukan lelang jabatan,”ujar H.Irwandi.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bukittinggi, Yollis Andri yang dikonfirmasi KORAN PADANG, kemarin membenakan apa yang dikatakan walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi itu. Setidaknya memang ada sekitar 540 orang lebih yang akan dilantik Walikota pada akhir bulan atau tahun ini.

Khusus untuk pejabat eselon II, katanya dalam mutasi besar besaran itu akan dikukuhkan bagi pejabat eselon II yang ada dinasnya, dan itu sesuai dengan amanat dari Surat Menteri PAN – RB, Nomor.B/3116/M.PANRB/09/2016. Apalagi dengan SOPD yang baru ini, lebih banyak dinas dari pejabatnya. Maka bagi pejabat eselon II yang ada Dinasnya akan dikukuhkan Walikota.

Sedangkan untuk SOPD yang baru katanya, seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kebakaran, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perumahan dan Pemukiman dan Dinas baru lainnya, tidak dikukuhkan.

“Namun nantinya, akan ditetapkan dengan hasil seleksi melalui lelang jabatan. Dan, bisa saja yang dilantik sekretarisnya, sekaligus ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas menjelang didapatnya Kepala Dinas yang definitif melalui lelang jabatan, yang akan dilaksanakan Panitia Seleksi (Pansel) yang telah terbentuk, tu tur kepala BKD tersebut,” paparnya.

Ia menambahkan,  khusus untuk Kantor Pemberdayaan Masarakat Pemerintahan Kelurah an Nagari (PMPKN), Yollis Andri, struktur organisasinya hilang dan tupoksinya diserahkan kepada kecamatan dan kelurahan. (eds)

 

.

 

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY