Batas Zona Aman Tsunami Dipasang di Dua Titik

0
525
SALAH satu zona aman dari bencana tsunami di kawasan Alai Timur, persisnya dekat SPBU Ampang, Kecamatan Kuranji. IRWANDA SAPUTRA

PADANG, KP – Pemerintahan Kota (Pemko) Padang memasang atribut pemberitahuan batas zona aman dari bencana tsunami di dua titik wilayah berupa garis warna biru langit yang dipasang di badan jalan.

Adapun dua titik yang dipasang zona aman tsunami itu adalah di kawasan Alai Timur, persisnya dekat SPBU Ampang, Kecamatan Kuranji, dan di kawasan Sawahan, Kecamatan Padang Timur. Pemasangan atribut zona bebas tsunami tersebut telah melewati proses pengkajian dengan ahli terkait.

“Kita sudah memasang garis berwarna biru itu untuk menyatakan batas bebas dari bencana tsunami. Dengan adanya batasan zona bebas tersebut, masyarakat yang berada di sana tidak perlu lagi melarikan diri atau melakukan evakuasi ke tempat yang tinggi,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD-PK Kota Padang, Nasrul Sugana, Selasa (20/12).

Menurutnya, BPBD-PK akan terus melengkapi atribut pemberitahuan terkait bencana alam tsunami. Selain itu, prasarana untuk pemberitahuan jalur evakuasi dan zona bebas tsunami juga akan terus dilengkapi.

“Dengan adanya atribut ataupun sarana yang telah dipasang itu masyarakat di sekitar lokasi bisa tahu aman atau tidak amannya mereka,” ujarnya.

Dia menambahkan, pemasangan atribut zona bebas tsunami itu akan dipasang di puluhan titik lainnya di Kota Padang. Selain memasang zona bebas tsunami, pihaknya juga akan terus melengkapi sarana dan prasarana pemberitahuan jalur evakuasi maupun shelter yang akan disebar di sejumlah titik strategis yang bisa menampung masyarakat di sekitar lokasi apabila terjadi bencana tsunami.

“Kita akan terus berbenah untuk melengkapi sarana dan prasarana pemberitahuan bencana alam ini. Dengan adanya alat pemberitahuan ini serta edukasi yang diberikan kepada masyarakat, diharapkan bisa menimalisir jatuhnya korban jiwa ketika terjadi bencana,” tutupnya. (iwa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY