Ketua DPRD Minta ‘Guide’ Bawa Wisatawan Saksikan Keindahan Ngarai Sianok

0
62
Logo Bukittinggi

BUKITTINGGI, KP – Pedagang souvenir di kawasan belakang objek wisata Panorama Lubang Jepang menyampaikan keluhannya kepada Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Beny Yusrial, ketika meninjau kondisi tebing objek wisata tersebut bersama Kabid Cipta Karya Dinas PU Bukittinggi, Rahmat AE, dan Kasi Perumahan dan Pemukiman, Fauzan, Senin lalu (19/12).

Kehadiran Beny Yusrial itu dimafaatkan beberapa pedagang kios souvenir untuk menyampaikan unek-uneknya. Menurut para pedagang itu, para pengunjung Panorama Lobang Jepang jarang datang ke belakang untuk menyaksikan indahnya Ngarai Sianok seperti yang tertera pada uang kertas Rp1.000 lama. Hal itu disebabkan karena beberapa oknum guide atau pemandu wisata enggan membawa wisatawan ke Ngarai Sianok. Bahkan, pengunjung langsung masuk Panorama dan dibawa ke Lubang Jepang.

“Bagi kami pedagang souvenir tidak masalah wisatawan tidak berbelanja, namun yang penting pengunjung itu bisa menikmati indahnya pemandangan Ngarai Sianok sehingga mereka puas datang ke Panorama. Hal itu sangat penting artinya bagi pariwisata Kota Bukittinggi,” ujar para pedagang souvenir tersebut.

Untuk itu, melalui Ketua DPRD Bukittinggi, para pedagang berharap untuk memberitahu para guide agar membawa pengunjung Panorama menyaksikan Indahnya Ngarai Sianok.
Menyikapi hal tersebut, Beny Yusrial menanyakan kepada Ketua Guide Panorama, Taufik, tentang keluhan para pedagang souvenir itu. Taufik mengakui memang ada beberapa guide yang tidak membawa tamunya atau pengunjung ke arah belakang dan langsung masuk Lubang Jepang.

“Hal itu dilakukan karena waktu yang terbatas dari pihak travel agent. Sehingga, sebagian guide harus membawa tamunya masuk Lubang Jepang guna mendapatkan uang. Kalau tidak masuk ke Lubang Jepang, para guide tidak mendapatkan uang,” beber Taufik.

Dalam kesempatan itu, Beny Yusrial mengharapkan agar Taufik memberitahu para guide untuk tidak lupa membawa tamunya ke belakang Panorama guna menyaksikan Ngarai Sianok. Sehingga, pengunjung Panorama betul-betul puas dan tahu dengan keberadaan Ngarai Sianok.

“Kalau pengunjung puas, tentu mereka akan bercerita di daerah asalnya tentang Ngarai Sianok. Ini juga sebagai ajang promosi langsung bagi wisatawan orang datang ke Bukittinggi,” kata Ketua DPRD, Beny Yusrial. (eds)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY