Diikuti 10 Ribu Peserta, Bukittinggi Berhijab bakal Pecahkan Rekor MURI

0
306
Logo Bukittinggi

BUKITTINGGI, KP – Walikota Bukittinggi, H. Ramlan Nurmatias, beserta istri, Yessi Ramlan Nurmatias, dan Wakil Walikota, H. Irwandi beserta istri, Khadijah, akan ‘adu kepintaran’ dalam memasak rendang pada lomba ‘Bukittinggi Marandang’ di pedestrian Jam Gadang, Sabtu hari ini (24/12).

Bendahara Panitia Bukittinggi Marandang, Iwan Susanto, kepada KORAN PADANG, Jumat sore (23/12), menyebutkan lomba itu diadakan sebagai rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke-232 tahun.

Menurutnya, reandang merupakan masakan asli Minang yang telah mendunia. Sehingga, perlu dilestarikan melalui berbagai cara, salah satunya dengan menggelar lomba.

“Kegiatan ini akan diikuti 30 pasang peserta dengan 30 tungku yang disediakan panitia. Peserta berasal dari utusan 24 kelurahan, di mana masing-masing kelurahan mengutus sepasang peserta ditambah 3 pasang dari 3 kecamatan dan 3 pasang peserta VIP yang terdiri dari Walikota H. Ramlan Nurmatias beserta istri, Wakil Walikota H. Irwandi beserta istri, dan dari pelaku pariwisata,” jelas iwan.

Lomba itu bakal dibuka secara resmi oleh Walikota Ramlan Nurmatias dengan memperebutkan hadiah uang tunai dengan rincian untuk Juara I Rp1.500.000, Juara II Rp1.250.000, dan Juara III Rp1 juta.

Bukiittinggi Berhijab

Di hari yang sama, Walikota H. Ramlan Nurmatias juga bakal membuka iven ‘Bukittinggi berhijab’ yang melibatkan 10.000 peserta di Lapangan Wirabraja Bukittinggi. Dengan keterlibatan 10.000 peserta, maka iven itu digadang-gadang akan meraih rekor MURI.

Panitia pelaksana, Mirawati, mengatakan Bukittinggi Berhijab bertujuan untuk mengajak masyarakat Bukittinggi dan wisatawan yang berkunjung menggunakan penutup aurat yang lebih dikenal dengan istilah hijab. Hal itu sejalan dengan falsafah Minangkabau adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK).

“Melalui momen HJK ini, pemko dan panitia akan semakin menghidupkan syiar Islam di Bukittinggi, terutama dengan penggunaan pakaian yang sopan dan sesuai dengan kaidah agama dan adat istiadat,” ujarnya sembari menambahkan penyelenggaraan kegiatan yang bekerjasama dengan ‘Shafira Coporate’ tersebut bertujuan untuk semakin memantapkan Bukittinggi sebagai kiblat fashion muslim di Indonesia.

Iven itu bakal diawali dengan Senam Zumba di Lapangan Wirabraja, aksi pungut sampah, hihuran, dan penarikan doorprize dengan hadiah utama umroh.

Selain itu ada peluncuran Busana Muslim Shafira Corporate yang dihadiri Ketua TP-PKK Sumbar, Nevi Irwan Prayitno, dan hiburan artis ibukota Herlino dan Yogi KDI. Dalam kegiatan itu juga akan dibagikan baju kaos dan jilbab gratis kepada peserta. (oki/eds)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY