DPRD Nilai Pengangkatan Pejabat Belum Berdasarkan Kompetensi

0
118
Logo Pemko

PADANG, KP – DPRD Padang menilai penunjukan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dilantik Selasa lalu (27/12) belum berdasarkan kinerja atau kompetensi yang bersangkutan.

“Yang dilakukan walikota hanya semacam bergantian kepemimpinan dari satu OPD ke OPD lain dengan orang yang sama,” ungkap anggota Komisi I DPRD padang, Faisal Natsir, Kamis (29/12).

Menurutnya, masih ada pejabat eselon II yang dilantik memiliki kinerja lemah. Hal itu, katanya, dapat diukur dari realisasi kegiatan mereka saat memimpin OPD selama 2016.

Faisal mengaku kecewa dengan pemilihan pejabat eselon II tersebut. Dia juga mengaku tidak begitu paham terkait seleksi pejabat eselon II yang dilakukan tim independen.

“Memang, penetuan pejabat eselon II itu hak prerogatif walikota. Namun harusnya mempertimbangkan kinerja karena mereka akan menjadi perpanjangan tangan (Walikota) di tiap OPD. Jangan hanya sifatnya rotasi saja,” katanya.

Dia melanjutkan, jika pelantikan itu hanya didasarkan atas unsur kedekatan atau hutang budi, maka yang rugi nantinya adalah pemerintah daerah karena beban tiap OPD akan bertambah berat pada 2017. Apalagi, adanya pembentukan struktur OPD baru berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah bertujuan untuk menciptakan pemerintah yang lebih efisien. Sehingga, seharusnya ada perencanaan yang benar-benar matang.

Selain itu, imbuhnya, selama ini dia menilai walikota tidak pernah melakukan evaluasi terhadap pejabat OPD. Padahal, evaluasi seharusnya dilakukan secara berkala untuk memperbaharui sistem pemerintahan seraya melakukan terobosan-terobosan baru.

Terkait masih adanya sejumlah pejabat eselon II OPD yang belum dilantik dan diserahkan kembali pada panitia seleksi, Faisal khawatir tahapan tersebut hanya dilakukan sebagai bentuk formalitas saja.

Sebelumnya Walikota Padang, H. Mahyeldi, telah melantik 33 pejabat eselon II, Selasa lalu (27/11) guna mengisi stuktur OPD baru yang berlaku mulai 1 Januari 2017. Wako menegaskan bahwa semua pejabat yang dilantik telah disesuaikan dengan kapasitas dan kapabilitas masing-masing. Para pejabat tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik. Sehingga, ke depannya tidak ada lagi keluhan dari masyarakat. (mon)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY