Om Aspal, Om…

0
332
Seorang anak warga RT 03 RW 03 Kampung Tarusan Air Pacah memegang kertas bertuliskan ‘Om Aspal, Om’. ISTIMEWA

PADANG, KP – Sudah hampir sepuluh tahun lamanya, warga RT 03 RW 03 Kampung Tarusan Air Pacah, Kota Padang, diimingi-imingi janji oleh pemerintah untuk memperbaiki jalan yang rusak di kawasan itu. Namun, hingga kini jalan tersebut belum kunjung tersentuh perbaikan. Sehingga, warga kesulitan dalam beraktivitas.

Mayun (32), warga setempat, mengatakan jalan tersebut dikabarkan akan diaspal pada tahun ini. Namun ternyata kabar itu hanya kabar angin belaka.

“Kami sudah sering menerima janji-janji dari pemerintah bahwa jalan ini akan diperbaiki. Namun nyatanya hingga tahun 2016 berakhir, janji itu tak juga terealisasi,” keluhnya, Kamis (29/12).

Hal senada disampaikan warga lainnya, Irwanto. Menurutnya, jalan rusak itu membuat pertumbuhan ekonomi warga tersendat.

“Beginilah nasib kami, apa yang kami jual tak kunjung terjual. Walaupun terjual itu warga sekitar sini saja yang membeli. Bagaimana ada pembeli dari daerah lain datang, jalan kami saja belum diperbaiki dan diaspal. Kata orangtua saya, jalan ini belum diaspal sejak saya belum lahir,” ucapnya.

Ketua ‘Tarusan Bergerak’, Jefrinaldi berha- rap Pemko dan DPRD Padang mendengar suara warga. Pengaspalan jalan Kampung Tarusan RT 03 RW 03 Air Pacah merupakan salah satu solusi untuk membangkitkan perekonomian warga sekitar.

“Sebelumnya, tahun 2014 lalu masyarakat pernah mengajukan semacam aspirasi ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Permohonan ka- mi dikabulkan dengan bantuan sebesar Rp250 juta. Kami langsung membentuk Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) dalam merealisasikan bantuan untuk pembangunan jalan di RT 3,” tukasnya.

Namun, tambahnya, setelah dana itu cair dan akan direalisasikan, pemerintah justru menyebut bahwa jalan itu tidak boleh dibeton karena termasuk jalan protokol. Akhirnya dana itu dialihkan untuk pembangunan jalan RT 1.

“Setelah itu memang ada turun tim dari Pemko Padang yang melakukan pengukuran jalan. Kami sudah senang pemerintah akan mengaspal jalan kami. Tapi nyatanya sampai sekarang belum juga ada tanda-tanda jalan itu akan diaspal,” katanya.

Pantauan KORAN PADANG, jalan di RT 03 RW 03 Kampung Tarusan Air Pacah, itu memang banyak yang rusak dan berlubang dan beresiko menimbulkan kecelakaan, terutama bagi pengguna sepeda motor. (eko)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY