Peringatan Jelang Tahun Baru, Pendaki Dilarang Dekati Puncak Marapi

0
216
ILUSTRASI

BATUSANGKAR, KP – Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi, menyebutkan kondisi Gunung Marapi saat ini berada dalam kategori Waspada II. Untuk itu, Pemkab Tanahdatar mengeluarkan larangan bagi para pencinta alam atau masyarakat untuk tidak mendekati puncak Gunung Marapi. Sebab, diperkirakan akan terjadi peningkatan aktivitas pendakian gunung pada malam pergantian tahun.

Hal itu disampaikan Bupati Irdinansyah Tarmizi, melalui Kabag Humas, Adriyanti Rustam, di ruang kerjanya, usai mengikuti rapat persiapan menyambut pergantian tahun baru, Kamis (29/12).

Terkait pergantian tahun, tambahnya, Pemkab Tanahdatar menggelar Haflatul Quran atau membaca Alquran secara bergiliran, di Gazebo Indo Jolito, Sabtu malam (31/12), setelah Salat Isya. Kegiatan itu akan diikuti Bupati, unsur forkompinda, Kepala SKPD, ASN, jemaah BKMT, dan ratusan hafiz, dipimpin qori-qoriah terbaik Tanahdatar.

“Kita tidak lagi menyelenggarakan hiburan terbuka di Lapangan Cindua Mato seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun juga tidak melarang masyarakat yang ingin melewatkan malam pergantian tahun di lapangan tersebut asalkan berjalan tertib dan tidak melanggar norma agama dan budaya,” ulas Adriyanti.

Sebagai pusat kebudayaan Minangkabau, dia mengajak masyarakat Tanahdatar untuk menunjukkan jati diri sebagai masyarakat Minangkabau yang sesungguhnya yang menjunjung falsafah Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah (AABS-SBK).

“Saya ajak masyarakat Tanahdatar di masing-masing masjid atau surau juga mengisi malam pergantian tahun baru dengan Haflatul Quran atau kegiatan keagamaan lainnya. Sebaliknya, jangan melaksanakan kegiatan berupa hiburan malam yang berdampak pada terganggunya ketertiban dan ketentraman masyarakat yang berbau pornografi dan mabuk-mabukan karena bisa menimbulkan dampak negatif seperti perkelahian, kecelakaan lalulintas, bahkan perbuatan asusila dan perzinahan,” pesannya.

Rencananya, usai mengikuti Haflatul Quran yang berakhir sekitar pukul 23.00 WIB, Bupati dan rombongan akan berkeliling memantau langsung kondisi keamanan dan ketertiban di beberapa titik keramaian di Tanahdatar pada malam pergantian tahun tersebut. (nas)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY