Harga Bawang Murah, Cabai Berfluktuasi

0
215
Seorang pedagang cabai di Pasar Raya Padang. Robi Ham

PADANG, KP – Awal tahun 2017, harga kebutuhan pokok di Pasar Raya Padang kembali berfluktuasi. Harga cabai merah sempat turun ke Rp 38 ribu per kilogram, kemarin naik lagi jadi Rp 48 ribu per kilogram.

Pantauan KORAN PADANG di Pasar Raya Padang, Selasa (3/1), selain cabai merah, harga daging ayam juga mengalami kenaikan. Jika sebelumnya dijual Rp30 ribu per kilogram, kini naik jadi R 34 ribu per kilogram. Begitupun harga beras, rata-rata mengalami kenaikan Rp 1.000 per kilogramya.

Sementara harga cabai rawit turun dari Rp58 ribu per kilogram menjadi Rp55 ribu per kilogram. Bawang merah turun drastis dari Rp18 ribu per kilogram menjadi Rp8 ribu-10 ribu per kilogram.

Andre (38) pedagang cabai merah di Pasar Raya Padang mengatakan, harga cabai merah masih naik turun karena harga jual di tingkat pemasok juga berfluktuatif.

“Harga cabai merah masih flutuatif, kadang naik, kadang turun. Tergantung harga di pemasoknya,” ujarnya.

Sementara, Rose (40) pedagang bawang dan cabai di Pasar Tabing, mengatakan saat ini harga cabai merah memang dirasa masih cukup mahal. Kendati demikian, cabai sudah menjadi kebutuhan masyarakat sehingga mau tidak mau tetap dibeli juga. Sedangkan harga bawang turun drastis karena pasokan yang melimpah. Di beberapa daerah sentra bawang merah kini sedang panen raya.

Saat ini harga bawang paling banyak diserbu pembeli, karena harganya murah. Bawang ukuran kecil dijual Rp8 ribu per kilogram dan Rp10 ribu per kilogram untuk yang besar.
Murahnya harga bawang dimanfaatkan para pedagang dengan menyetok banyak bawang.

“Selagi harga murah kita beli banyak, namun untuk harga cabai merah saat ini masih mahal sebelumnya harga cabe merah kisaran 38-40 ribu per kilo, namun sekarang mencapai 48 ribu per kilo,” ujar Rose. (mon)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY