Rumah Makan Lamun Ombak Jadi Percontohan, Dipenda Luncurkan ‘e-Pos’

0
398
WALIKOTA Padang, H. Mahyeldi, memperhatikan penerapan aplikasi e-Pos pajak restoran di rumah makan (RM) Lamun Ombak, Jalan Khatib Sulaiman, beberapa waktu lalu. e-Pos memberikan kemudahan kepada wajib pajak restoran dalam melakukan transaksi pembayaran. Baik dalam menghitung serta melaporkan nilai pajak yang harus dibayarkan. HUMAS

PADANG, KP – Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Kota Padang terus melakukan terobosan guna memaksimalkan penerimaan pajak daerah di seluruh objek pajak. Di penghujung tahun 2016 lalu, Dipenda meluncurkan electronic-Point of Sales (e-Pos) pajak restoran di rumah makan (RM) Lamun Ombak, Jalan Khatib Sulaiman. Peluncuran tersebut dilakukan Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah.

Dengan e-Pos itu, sistem pembayaran akan diberlakukan secara secara online. Sehingga, pengelolaan pajak restoran itu akan lebih efektif dan efisien.

“Upaya ini patut kita apresiasi dan dukung bersama. Sebab, e-Pos akan memberikan kemudahan kepada wajib pajak restoran dalam melakukan transaksi pembayaran. Baik dalam menghitung serta melaporkan nilai pajak yang harus dibayarkan,” terang Mahyeldi, kemarin.

Sementara, Kepala Dipenda Kota Padang, Adib Alfikri, menyampaikan e-Pos diluncurkan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat dan wajib pajak restoran tentang sistem mekanisme pembayaran pajak secara online.

Peluncuran e-Pos pajak restoran itu diikuti 100 orang wajib pajak, SKPD terkait, dan pihak perbankan. Dalam hal ini, RM Lamun Ombak dijadikan percontohan di Kota Padang untuk penerapan e-Pos.

Ditambahkannya, dalam e-Pos itu ada berbagai macam teknologi informasi yang digunakan. Di antaranya wajib pajak restoran akan mengintegrasikan transaksi pembayaran pajak secara online yang terhubung langsung dengan Dipenda Kota Padang.

“Untuk e-Pos ini kita menggandeng perbankan, BNI. Alhamdulillah semuanya mendukung. Sebab, e-Pos hanya semata-mata untuk mempermudah wajib pajak dalam melaporkan serta menyetorkan pajak restorannya kepada Pemko Padang,” imbuh Adib.

Pemilik RM Lamun Ombak, Agus Edy, mendukung penerapan aplikasi e-Pos tersebut. Menurutnya upaya itu merupakan sebuah kemajuan bagi Kota Padang. Diharapkannya semua restoran dan rumah makan juga menggunakan aplikasi e-Pos.

“Setelah ini, seluruh karyawan akan diberikan pengetahuan untuk menggunakan e-Pos,” tuturnya. (ak/*)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY