Silo Jadi Ruang Terbuka Hijau

0
586
Kawasan Silo disulap menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan akan menjadi Destinasi wisata baru di Sawahlunto. Ferdi Talawi

SAWAHLUNTO, KP – Destinasi wisata Sawahlunto bertambah, setelah kawasan Silo disulap menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Kawasan seluas hampir satu hektar itu, kini telah ditata rapi dengan memanfaatkan dana APBN tahun anggaran 2016 sebesar Rp 4,6 miliar lebih,” ujar Kepala PU dan Penataruangan setempat, Nova Erizon kepada KORAN PADANG di Sawahlunto, baru-baru ini.

Ia melanjutkan, RTH Taman Silo, sudah bisa dimanfaatkan masyarakat dan wisatawan yang datang ke Sawahlunto sebagai tempat rekreasi, berfungsi sebagai medan nan bapaneh, pusat jajanan, hingga permainan.

Selain itu, Taman Silo juga memiliki fasilitas panggung yang dapat difungsikan sebagai tempat pertunjukan, serta pusat informasi objek wisata.

“Rencana ke depannya, kawasan itu juga akan menjadi perlintasan lokomotif uap ‘Mak Itam’, dengan menempuh jalur mencapai lebih kurang 1,5 kilometer,” tambahnya.

Lanjutnya, kawasan Taman Silo sendiri kini memiliki jalur kereta, namun jalur kereta yang melintasi kawasan Kampung Teleng itu, masih terkendala pada jembatan Silo yang masih membutuhkan perbaikan.

“Jika jembatan Silo sebagai penghubung dapat dilintasi ‘Mak Itam’, secara otomatis, wisatawan akan dapat menikmati bagaimana rasanya ‘menunggangi’ kereta buatan Jerman tersebut,” tambahnya. (fer)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY