Satpol PP Cantik, Mengubah Imej Arogan Jadi Humanis

0
1243
Rezy Alvalery Satpol PP cantik asal Bukittinggi

PADANG, KP – Memiliki paras wajah cantik seringkali dijadikan modal untuk menjadi pemain sinetron, presenter, atau pegawai bank dan perusahaan bonafid. Tetapi lain dengan Rezy Alvalery. Wajah cantik yang dimilikinya menjadi modal unuk menjadi pegawai Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Padahal, banyak kalangan mengidentikkan Satpol PP dengan tindak kekerasan.

Rezy Alvalery, si cantik bak bintang sinetron kelahiran Bukittinggi, 10 November 1993 ini merupakan salah seorang dari 17 orang perempuan cantik yang diterima sebagai anggota Satpol PP ‘Kota Wisata’ Bukittinggi dalam rekrutmen tahun 2016. Masuknya para gadis cantik, termasuk Rezy Alvalery yang memiliki tinggi 163 cm itu ke Satpol PP, tentu menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Sebab, orang tahu bahwa petugas Satpol PP akan bertugas menegakan Peraturan Daerah (Perda).

Mereka akan menjalani tugas-tugas penertiban dan berhadapan dengan pedagang kaki lima, amai-amai berjualan di trotoar, pedagang sayur yang memanfaatkan badan jalan, dan tindak pelanggaran lainnya. Bahkan, bagi sebagian kalangan, Pol PP identik dengan tindak kekerasan.

Tetapi, bagi putri pertama dari empat saudara itu, memakai seragam Satpol PP sudah menjadi cita-citanya dan sudah lama dirindukannya.

Rezy Alvalery sangat berkeinginan mengabdikan dirinya sebagai pegawai Satpol PP guna menunjang terwujudnya suasana nyaman, tenteram, dan kondusif di tempat-tempat umum dalam wilayah Kota Bukittinggi.

Buktinya, sudah beberapa kali Rezy mengajukan lamaran ke Pemko Bukittinggi, namun baru di penghujung tahun 2016 terealisasi. Rezy terlihat cukup bangga dan bersyukur karena diterima sebagai pegawai kontrak Satpol PP Bukittitnggi bersama 64 orang lainnya yang dinyatakan lulus seleksi.

Penerimaan para perempuan cantik sebagai pegawai Satpol PP karena Pemko Bukttinggi mulai tahun 2017 ini mencanangkan program ‘Pol-PP Cantik’ dalam upaya mewujudkan tatanan yang tertib dan nyaman guna menunjang ketentra man dan ketertiban umum (trantibum). Ternyata, Rezy sudah siap melaksanakan program tersebut. Dia juga siap menghadapi semua tantangan.

“Pol PP cantik merupakan upaya dengan cara mengubah imej masyarakat bahwa Pol PP itu tidak identik dengan kekasaran, atau hal-hal berbau arogan. Melain- kan tindakan secara persuasif dalam menegakkan aturan,” ucap Rezy di Balaikota, Selasa lalu (31/).

Menurut Rezy , dalam hal penanggulangan tindak pelanggar Perda, diperlukan pendekatan terlebih dahulu. Misalnya amai-amai yang berjualan di sembarang tempat diantisipasi secara persuasif, diberi penjelasan dan pengerti an dengan bahasa humanis. Apalagi, sesama perempuan ten- tu punya perasaan.

“Kita sentuh perasaannya lalu disosialisasikan bahwa perbuatannya bertentangan dengan aturan,” ujar Rezy. Jika masih membandel, apalagi memberikan perlawanan dan menyakiti petugas, barulah dilakukan tindakan tegas.

“Kalau terpaksa ya apa boleh buat, harus kita tindak,” tambahnya .

Selain mental, jebolan D3 Teknologi Informasi Unand itu juga telah siap secara fisik, terutama berbekal beladiri Tarung Drajat yang telah digelutinya sejak kelas VI SD. Kini, Rezy telah menyandang tingkatan Kurata VI atau setara Dan I dalam beladiri Karate.

Keterampilan beladiri yang dimilikinya juga warisan semangat dari kedua orangtuanya yang juga berprofesi pesilat.

Dara manis asal Magek, Agam, dan tinggal di Tambuo Tigo Baleh Bukittinggi itu bukan bermaksud menepuk dada atas kemampuan beladiri yang dipunyainya, melainkan semata-mata sebagai persiapan jika dalam tugas menuntut kesiapan pembelaan terhadap diri sendiri. Sama sekali bukan mencari lawan. Sebab, seribu kawan belum cukup dibanding seorang musuh.

Kemampuan beladiri yang dimilikinya juga patut diacungi jempol. Hal itu dibuktikan dengan berkali-kali mengukir prestasi untuk daerah melalui berbagai iven olahraga, baik provinsi maupun nasional. Antara lain meraih medali emas dalam empat kali Porprov berturut-turut sejak tahun 2010. Dia juga mempersembahkan medali perunggu pada PON 2012 di Riau dan medali perak dari kejuaraan nasional Piala Presiden 2009. Selamat bertugas buat petugas Pol PP cantik, Rezy Alvalery. (Edison Sikumbang)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY